Macam, Fungsi dan Contoh Karya Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Gambar Macam, Fungsi dan Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Karya Kerajinan Tekstil - Salah satu bentuk rasa cinta kita terhadap tanah air adalah dengan menciptakan karya kerajinan tekstil buatan negeri kita sendiri. Kita semua tahu bahwa karya kerajinan tekstil hasil anak indonesia ini sangatlah unik dan menarik. Akan tetapi tidak semua orang bisa membuat karya kerajinan tekstil ini.

Hanya pengrajin kain tertentu saja yang bisa membuatnya. Membuat karya kerajinan kain ini membutuhkan keahlian khusus, yaitu harus memiliki keahlian mendesain suatu kerajinan garmen tersebut agar laku dipasaran.

Kini indonesia sudah banyak mengekspor hasil tekstilnya ke luar negeri. Hal ini tentu menjadi kebanggaan kita sebagai Warga Negara Indonesia. Adapun sekarang kini telah tersedia beberapa sekolah kejuruan yang ada jurusan spesifiknya mengenai pengertian, jenis, bentuk, fungsi bahkan karakteristik dari kerajinan tekstil ini.

Apa itu kerajinan tekstil?


Tekstil adalah material fleksibel yang terbuat dari tenunan benang dan dibentuk dengan berbagai cara, mulai dari penyulaman, penjahitan, dan cara pressing.

Istilah tekstil dalam sehari-hari sering disamakan dengan istilah kain. Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai baham utamanya. Tetapi, tidak semua produk yang berbahan tekstil dapat disebut sebagai karya seni. Karena dalam perwujudannya sebuah karya seni harus memenuhi prinsip-prinsip sebagai berikut

1. Unity (kesatuan)

Suatu benda yang dikatakan memiliki nilai estetis, harus merupakan kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya secara baik dan sempurna.

2. Complexity (kerumitan)

Suatu benda yang memiliki nilai estetis pada dasarnya tidaklah sederhana, dalam pengertian mengandung unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu seperti saling bertentangan, berlawanan dan saling menyeimbangkan.

3. Intensity (kesungguhan)

Suatu benda dikatakan yang memiliki nilai estetis bukanlah suatu benda yang kosong, melainkan memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya. Nilai itu bisa bersifat lembut atau kasar, gembira atau duka, suram atau ceria yang ditampilkan secara sungguh-sungguh.

Kerajinan Tekstil Modern


Kerajinan tekstil modern adalah kerajinan yang dalam proses pembuatannya menggunakan bantuan mesin modern dan sumbernya berasal dari bahan - bahan sintetis sehingga menjadikan produksi karyanya jauh lebih cepat dan banyak. Contoh hasil karya kerajinan tekstil modern antara lain seperti pakaian sehari - hari, Taplak Meja, Sarung Tangan, Peci, Kaos Kaki, Gorden, dsb.

Contoh Kerajinan Tekstil Modern

Contoh kerajinan tekstil modern :
- Sebagai sandang : pakaian, dasi, sprei, selimut, handuk dan sebagainya.


- Sebagai dekorasi : gorden, taplak meja, hiasan, sarung tangan, dan sebagainya.

Kerajinan Tekstil Tradisional


Kerajinan tekstil tradisional, adalah kerajinan yang proses pembuatannya menggunakan tenaga manual manusia dan terbuat dari bahan alam sehingga menjadikan produksi karyanya sangat sedikit dan lama. Pemakaiannya pun biasanya hanya ditujukan untuk acara – acara tertentu, lambang, keperluan khusus, dsb.

Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional


Contoh hasil karya kerajinan tekstil tradisional antara lain seperti Kain cepuk, Kain songket, Kain tapis, Kain Poleng, Kain tenun ulos.

Fungsi Kerajinan Tekstil


Fungsi kerajinan tekstil modern adalah sebagai sandang untuk kebutuhan masyarakat atau siapa pun itu. Sedangkan untuk fungsi dari kerajinan tekstil tradisional adalah sebagai simbol, acara adat, keperluan khusus ataupun lambang status sosial bagi orang yang memakainya.


Aneka Karya Kerajinan Tekstil yang Umum di Pasaran 


1. Batik

Macam macam kerajinan tekstil yang pertama yaitu Batik. Batik adalah gambar/lukisan yang dibuat pada bahan (kain) dengan bahan lilin dan pewarna (naphtol), menggunakan alat canting dan atau kuas serta teknik tutup-celup. Batik merupakan karya kerajinan tekstil khas indonesia yang telah menjadi warisan budaya bangsa. Kekhasan batik tercermin dalam banyaknya motif yang dikembangkan di berbagai daerah di indonesia. Perhatikan motif-motif batik berikut ini.
Gambar Macam, Fungsi dan Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Batik memiliki fungsi utama sebagai bahan pakaian, namun dalam perkembangannya batik dapat digunakan sebagai dekorasi dalam ruangan diantaranya bisa berupa hiasan dinding atau wall hanging, sketsel atau penyekat ruangan.


Setelah berkembang menjadi bahan sandang dan sebagai hiasan, kini batik mulai digunakan untuk membuat perlengkapan dan aksesoris seperti tas, kantong ponsel, sepatu, sandal dan kipas. Perkembangan produk ini memperkuat daya kreativitas sehingga kegunaan batik pun semakin meluas.


2. Sulam

Sulam atau biasa disebut bordir merupakan hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain.

Gambar Macam, Fungsi dan Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern
Awalnya teknik sulam hanya dilakukan dengan jarum dan benang, menggunakan tangan. Seiring dengan perkembangan zaman, sulam atau bordir sudah menggunakan mesin. Hasil kerajinan sulam biasanya terdapat pada taplak meja, sapu tangan, kerudung, alas vas bunga, sprei, sarung bantal, sarung guling, hiasan dinding, dan lain-lain.


3. Jahit perca

Gambar Macam, Fungsi dan Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Untuk jenis kerajinan yang ke-tiga ini adalah jahit perca. Perca adalah sisa-sisa guntingan kain yang ada setelah membuat pakaian atau karya kerajinan tekstil lainnya. Menjahit perca merupakan proses pembuatan suatu produk kerajinan tekstil yang terbuat dari potongan kain atau perca yang digabungkan dengan cara dijahit sesuai dengan rencana.

4. Jahit tindas

Gambar Macam, Fungsi dan Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Jahit tindas merupakan suatu teknik menghias permukaan kain dengan cara melapis/mengisi kain dengan bahan pelapis/pengisi, kemudian dijahit tindas pada permukaan kain dengan rencana. Bahan pelapis atau pengisi yang biasa dipergunakan adalah dakron, koldure, kapas, kapuk. Perhatikan hasil produk jahit tindas berikut.


5. Tenun

Gambar Macam, Fungsi dan Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. 

Kain tenun dapat dibuat dari jenis benang berikut.



a. Kain tenun dari benang katun CSM (sangat halus, tidak susut, dan sangat nyaman dipakai)

b. Kain dari bahan katun 42 (ciri-ciri cukup halus, tidak susut dan nyaman dipakai)

c. Kain tenun dari Bahan Katun Biasa (ciri-ciri agak kasar, agak susut dan cukup nyaman dipakai)

d. Kain tenun berbahan rayon (cukup halus, tidak susut, dan cukup nyaman dipakai)

e. Kain tenun berbahan Sutra (super halus, tidak susut, jenis kain jatuh, dan sangat nyaman dipakai)



Produk yang dihasilkan dari tenun antara lain pakaian, syal, sarung bantal kursi, baju, tas, dompet dan lain-lain.


6. Makrame

Gambar Macam, Fungsi dan Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Makrame adalah salah satu produk kerajinan yang berasal dari keahlian merangkai tali. Makrame dapat dibuat dengan 2 tali yang berbeda warna, 4 tali yang berbeda warna atau sama, dan menggunakan banyak tali dengan warna yang berbeda atau sama.



Jenis tali yang dapat digunakan untuk membuat makrane antara lain tali tambang/tampar, tali koor, tali sumbu kompor, tali rafia, tali pancing, tali serat (sisal), talu wol, tali kulit, tali benang katun, dll. Produk yang dihasilkan dari seni makrame antara lain sabuk, gelang, kalung, tempat handphone, tas tangan, dompet, hiasan, dll.


7. Cetak Saring/Sablon

Gambar Macam, Fungsi dan Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Cetak saring (sablon) merupakan kegiatan cetak mencetak dengan menggunakan kain gasa/kasa yang disebut screen. Proses pembuatan cetak saring bisa dilakukan dengan mesin, seperti yang dilakukan pada pabrik printing. Bisa juga dilakukan secara manual, seperti yang dilakukan oleh home industry menengah dan kecil.


8. Tapestri

Gambar Macam, Fungsi dan Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Tapestri adalah tenunan yang dibuat dari benang-benang, serat-serat atau bahan lain yang memungkinkannya baik berwarna maupun tidak berwarna yang dipergunakan sebagai bahan penutup lantai, pembungkus mebel, dan terakhir dipakai sebagai hiasan dinding.

Baca juga : Desain Kerajinan Tekstil Lengkap



Proses pengerjaannya sama dengan tenun biasa, tetapi lebih condong kepada permainan pakan, terutama permainan warna. Misalnya benang pakan lebih besar daripada benang lungsi dan juga berwarna. Macam-macam kerajinan tekstil tersebut ada yang digunakan sebagai benda hias, benda pakai atau perpaduan keduanya.  Jenis produk yang termasuk pada benda hias diantaranya hiasan dinding, sarung bantal kursi.



Produk kerajinan tekstil yang termasuk benda pakai diantaranya : bad cover, sarung bantal, tirai, tutup galon, tutup kulkas, taplak meja makan, tutup tudung saji, dan lain-lain.


Pembahasan diatas adalah bahasan 8 macam dari 10 macam kerajinan tekstil yang paling umum. Untuk artikel lainnya kamu bisa berlangganan untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Dari artikel diatas anda sudah mengetahui tentang apa itu Pengertian Kerajinan Tekstil, Prinsip Karya Kerajinan Tekstil, Contoh dan Fungsi dari Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional beserta Gambarnya. 

Demikianlah artikel tentang Karya Kerajinan Tekstil. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Macam, Fungsi dan Contoh Karya Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel