Pengertian, Macam Macam Kerajinan Dari Bahan Lunak Yang Mudah Dibuat Beserta Fungsinya

Gambar Pengertian, Macam Macam Kerajinan Dari Bahan Lunak Yang Mudah Dibuat Beserta Fungsinya

Pengertian dan Macam Kerajinan dari Bahan Lunak - Kerajinan dari bahan lunak tentu dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang lunak dan mudah dibentuk, seperti tanah liat. Kerajinan dari bahan lunak ini tidak memerlukan bahan yang banyak, cukup dengan tanah liat saja. Tanah liat dapat dibentuk menjadi apa saja, seperti bisa dibentuk menjadi batu bata karena diolah sedemikian rupa.Teknik pembuatan kerajinan bahan lunak ini bermacam-macam.

Kerajinan dari materi lembek ini boleh dikatakan yang paling mudah dibuat. Siapa saja bisa membuat dan mengolah kerajinan dari objek lembut ini. Seperti contoh, dalam pembuatan batu bata dibuat dengan cara tanah liat dicampur dan diolah selama beberapa kali dan kemudian bisa dicetak menggunakan tangan atau mesin. Bila ingin hasil dari kerajinan batu bata ini memiliki kualitas bagus, maka saya sarankan untuk membuatnya dengan cara manual.

Macam-macam Kerajinan Dari Bahan Lunak


Wilayah Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman produk pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Produk-produk tersebut dapat dihasilkan dari beraneka jenis bahan pembuatan, berbagai cara produksi, dan bermacam-macam cara pemasarannya. Karya kerajinan disebut karya kriya.

Gambar Pengertian, Macam Macam Kerajinan Dari Bahan Lunak Yang Mudah Dibuat Beserta Fungsinya

Jenis kerajinan Nusantara dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut.


1. Berdasarkan Bahan Baku

Berdasarkan bahan bakunya, ada berbagai jenis karya kerajinan diantaranya sebagai berikut.
  • Karya kerajinan tekstil
Kerajinan Tekstil adalah suatu karya yang dibuat berbahan dasar kain. Bahan tekstil biasanya berasal dari serat atau benang yang diolah menjadi kain.
  • Karya kerajinan kulit
Kerajinan Kulit adalah kerajinan yang menggunakan kulit sebagai bahan bakunya. Kulit yang digunakan merupakan kulit yang telah disamak, kulit mentah atau pun kulit sintetis. Contoh kerajinan ini adalah tas kulit, sepatu kulit, dompet kulit dan lain sebagainya.
  • Karya kerajinan bambu
Kerajinan Bambu adalah kerajinan yang menggunakan bambu sebagai bahan utamanya. Seperti contoh bingkai, kotak pensil, hiasan dinding,dll.
  • Karya kerajinan rotan
  • Karya kerajinan kayu
  • Karya kerajinan tembikar

2. Berdasarkan Sifat Bahannya

Berdasarkan sifat bahannya, karya kerajinan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Karya Kerajinan Bahan Lunak
Bahan-bahan lunak meliputi bahan-bahan yang mudah dibentuk, misalnya tanah liat. Jenis karya kerajinan dari bahan lunak yaitu peralatan rumah tangga dari gerabah dan berbagai hiasan keramik.

  • Karya Kerajinan Bahan Keras
Bahan keras adalah bahan yang sifatnya keras dan sulit dibentuk. Untuk membentuknya diperlukan teknik dan alat khusus. Contoh karya kerajinan dari bahan keras yaitu mebel kayu, tas rotan, dan cendera mata dari bahan batu atau kayu.

  • Karya kerajinan Bahan Semikeras
Bahan semikeras adalah bahan yang sifatnya tidak lunak, tetapi juga tidak keras. Contoh kerajinan dari bahan semikeras yaitu hiasan dari styrofoam atau gabus, kreasi bunga dari kertas dan kelobot jagung, serta kreasi benda pakai dari kain perca.

Baca juga : Teknik Pembuatan Keramik dan Prosesnya


3. Berdasarkan Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak


Fungsi produk kerajinan dari bahan lunak yaitu sebagai benda pakai dan benda hias. Berikut penjelasannya.

  • Karya Kerajinan Benda pakai
Kerajinan benda pakai meliputi segala bentuk kerajinan yang dipakai sebagai alat, wadah, atau dikenakan pada tubuh manusia. Contoh karya kerajinan benda pakai antara lain berupa pakaian, vas bunga keramik, guci keramik, tas, sepatu, sandal, kain sprei, ikat pinggang, dompet, dan peralatan makan.

  • Karya Kerajinan Benda Hias
Kerajinan benda hias meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan dipajang atau digunakan sebagai hiasan. Contoh karya kerajinan benda hias yaitu patung kerajinan keramik, kaligrafi hiasan dinding, lukisan kruistik, dan kipas hias.

Dari kedua fungsi diatas kita bisa mengidentifikasi karya kerajinan dari bahan lunak yang difungsikan sebagai benda pakai dan yang mana yang difungsikan sebagai benda hias.

Bahan lunak merupakan bahan yang memiliki sifat elastis. Benda-benda hasil kerajinan dari bahan lunak biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam pemenuhan kebutuhan manusia sehari-hari, benda-benda yang terbuat dari bahan lunak berperan sangat penting.

Bahan lunak yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan antara lain tanah liat, sabun, dan lilin. Tanah liat merupakan bahan utama untuk pembuatan barang kerajinan tangan. Apabila hasil kerajinan tangan tersebut dibakar akan menghasilkan barang keramik, bahan tanah ini harus dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti kapur, feldspar, dan kuarsa.

Macam-macam tanah liat yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan antara lain sebagai berikut.
  1. Tanah liat yang mudah dibentuk dan halus mempunyai warna kekuning-kuningan, cokelat, atau hitam.
  2. Tanah kalium, sifatnya agak kasar, sukar dibentuk" dan tahan api. Tanah ini berwarna putih dan bagus untuk dijadikan bahan keramik.
  3. Tanah sedimen atau tanah endapan yang terbawa oleh arus sungai dan mengendap. Tanah ini elastis dan warnanya bermacam-macam sesuai dengan tempat dan lamanya proses pengendapan.

Dalam membentuk beberapa kerajinan dari tanah liat yang harus diperhatikan adalah pengolahan tanah liat sebelum menjadi bahan siap pakai. Tanah liat dibersihkan dari rumput, pasir, atau benda-benda lain. Jika sudah bersih, tanah diuleni kemudian dibanting-banting agar menjadi padat baru dapat dijadikan bahan pembuat kerajinan tangan.

Pemasaran seni kerajinan terutama seni kerajinan keramik memiliki pola pemasaran yang menyesuaikan dengan kapasitas usaha seni kerajinan keramik itu. Usaha-usaha pemasaran yang dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Menjajakan secara berkeliling, terutama barang peralatan rumah tangga.
  2. Asongan, terutama saat musim wisata di beberapa wilayah yang dikunjungi wisatawan seperti di alun-alun utara Yogyakarta.
  3. Memiliki showroom di pinggir jalan.
  4. Mengikuti pameran-pameran lokal dan internasional.
  5. Membuka situs pemasaran melalui internet.
  6. Adanya guide yang membawa tamu ke showroom/studio dengan memberi imbalan.

Dari artikel diatas anda telah mengetahui Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak, Macam Kerajinan dari Bahan Lunak, Jenis Kerajinan Nusantara berdasarkan Bahan Baku, Sifat Bahan dan Fungsi Produk.

Demikianlah artikel mengenai kerajinan dari bahan lunak yang simple dan semoga bisa bermanfaat

0 Response to "Pengertian, Macam Macam Kerajinan Dari Bahan Lunak Yang Mudah Dibuat Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel