Sumber Peluang Usaha yang Berasal dari Diri Sendiri, Konsumen, serta dari Pengetahuan dan Latar Belakang Pendidikan

Gambar Pengertian dan Sumber Peluang Usaha

Sumber Peluang Usaha - Dari sekian banyak orang di indonesia, pasti ada yang sedang mencari-cari sumber peluang usaha. Karena setiap orang pasti ingin mempunyai sumber peluang usaha sendiri-sendiri. Melalui materi ini semoga anda bisa menemukan sumber peluang usaha yang cocok buat anda.

Benih peluang usaha bisa saja muncul dari kondisi sekitar lingkungan anda. Pastinya anda pernah mendengar salah satu tokoh yang sukses di bisnisnya yang berawal dari situasi masyarakatnya. Tanpa disengaja jika ada seseorang mengeluh akan sebuah kondisi lingkungannya, ini bisa menjadi asal muasal tumbuhnya harapan untuk berbisnis.

Baca juga : Karakteristik Kewirausahaan dan Konsep Kewirausahaan

Sebagai pebisnis yang tangguh dan pandai, anda harus mengerti peluang-peluang usaha yang akan berpotensi maju dan menciptakan lapangan kerja untuk ke depannya. Selain itu anda juga harus mengetahui Sumber-sumber peluang usaha yang sangat berpotensi.

Gambar Pengertian dan Sumber Peluang Usaha

Pengertian Peluang Usaha


Kunci keberhasilan menangkap peluang usaha akan diidentifikasikan oleh pengalaman dan pendekatan terhadap faktor manusia, sedangkan kunci keberhasilan lainnya ditentukan oleh teknologi, komunikasi, dan informasi. Hanya seorang wirausahawan yang dapat berpikir kreatif serta berani mengambil risiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang. Peluang usaha yang telah diambil tentu akan memiliki konsekuensi bagi pengambil keputusan. Jika berhasil dapat dikatakan mendapat keuntungan. Namun jika gagal, itu bagian dari risiko yang harus dihadapi.

Sumber peluang usaha bisa berasal dari mana saja, ada yang berasal dari diri sendiri,ada yang berasal dari lingkungan, ada yang dari pengetahuan dan latar belakang pendidikannya.

Berikut sumber peluang yang berasal dari diri sendiri yakni hobi, keahlian, pengetahuan dan latar belakang pendidikan. Peluang dapat berasal dari diri sendiri karena :
  1. Peluang membutuhkan suatu proses yang panjang. Oleh karena itu diharapkan peluang yang berasal dari diri sendiri dapat membuat hati nyaman dan bahagia.
  2. Peluang memerlukan konsistensi yang tinggi dan harus fokus. Oleh karena itu, dengan mencintai pekerjaan yang berasal dari peluang tersebut dapat menjadi suatu kunci kesuksesan.
  3. Kesuksesan peluang anda berasal dari kesuksesan dalam menghadapi segala rintangan yang menghadang. Jika telaten, terampil dan cukup menguasai pengetahuan maka dapat segera meraih kesuksesan.
Berikut contoh peluang usaha yang berasal dari diri sendiri adalah dari bakat kita sendiri yang dimanfaatkan sedemikian rupa dan diiringi dengan keinginan yang sangat kuat. Alhasil pastinya akan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

Sedangkan untuk contoh peluang usaha dari lingkungan yaitu misalnya dilingkungan kita masih sangat sedikit tukang potong rambut, maka ini bisa dijadikan sumber peluang usaha bagi kita dengan membuka jasa potong rambut bergaya.

Peluang usaha yang berasal dari pengetahuan dan latar belakang pendidikan adalah membuat start up toko online, transportasi massal online, alat-alat yang berguna bagi petani dan nelayan (misalnya alat pengolah pertanian yang modern, penimbang berat ikan yang layak jual, dan lain-lain), alat-alat pendeteksi bencana alam, P3K yang sederhana, dan masih banyak lagi.

Baca juga : 5 Inspirasi Peluang Bisnis Online Yang Lagi Trend Tahun 2018

Ide Bisnis dan Sumber Peluang Usaha


Berikut beberapa hal yang dapat memengaruhi ide bisnis dan sumber peluang usaha.

a. Cita-Cita

Salah satu cara memunculkan ide kegiatan bisnis dapat diperoleh dari keinginan atau cita-cita pribadi. Kemauan yang keras untuk menjadi seorang pebisnis, akan melihat segala peluang yang terbuka. Cita-cita merupakan dorongan kuat yang dapat melahirkan sosok pebisnis andal. Selain itu, cita-cita yang dimiliki dapat diumpamakan tombol power. Jika tombol tersebut diaktifkan, segala peluang dapat timbul secara cepat di otak.

b. Underpressure

Kadang ide timbul pada saat seseorang dalam keadaan tertekan. Ide tentang jenis usaha pun dapat ditimbulkan karena posisi terpojok oleh suatu keadaan. Seorang kepala keluarga akan berusaha mencari ide untuk mendapatkan penghasilan agar keluarganya dapat hidup makmur. Sebagai contoh, seorang ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan pendapatan dari suami berpikir untuk mencari tambahan. Dari ketertekanan tersebut akan timbul ide untuk menjalankan bisnis tertentu yang dapat menambah penghasilan keluarga.

c. Pengembangan Produk yang Sudah Ada

Menciptakan produk baru berdasarkan pengembangan dari produk yang sudah ada merupakan ide bagus untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Dengan karakteristik seperti itu produk Anda akan menjadi incaran para konsumen karena secara otomatis produk yang Anda hasilkan merupakan perbaikan dan pengembangan dari produk sebelumnya.

Anda akan mendapat penghasilan yang berlimpah, sebab perusahaan Anda merupakan leader dalam produk tersebut. Namun, jangan terlena dengan kondisi tersebut. Para pesaing bersiap mengekor kesuksesan Anda dengan meniru produk laris tersebut. Sebelum terjadi hal seperti itu, maka Anda perlu melakukan tindakan antisipasi. Antisipasi tersebut terkait dengan perlindungan hukum agar karya Anda tidak bisa ditiru seenaknya.

Baca juga : 10 Bisnis Online Yang Masih Jarang Dilakukan Namun Menjanjikan


d. Prospek Pasar

Melihat suatu gaya hidup yang sedang terjadi dapat pula dijadikan sebagai ide bisnis. Dengan begitu usaha bisnis Anda akan banyak menarik minat pembeli sebab produk yang ditawarkan merupakan sesuatu yang sedang diminati. Selain itu, mencari tempat yang strategis untuk memulai bisnis tersebut.

Manfaat Berwirausaha

Sebelum mendirikan bisnis, setiap calon wirausahawan harus mempertimbangkan manfaat menjadi pemilik bisnis, yaitu sebagai berikut.
a. Peluang untuk mengendalikan nasib sendiri.
b. Kesempatan melakukan perubahan.
c. Peluang untuk menggunakan potensi sepenuhnya.
d. Peluang untuk meraih keuntungan tanpa batas.
e. Peluang melakukan sesuatu yang Anda sukai.

Demikianlah artikel mengenai pengertian peluang usaha dan contoh peluang usaha dari diri sendiri, lingkungan dan konsumen. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Sumber Peluang Usaha yang Berasal dari Diri Sendiri, Konsumen, serta dari Pengetahuan dan Latar Belakang Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel