Internet 5G : Jaringan 5G di Indonesia

Warga indonesia sendiri mempunyai smartphone yang bermerk dan memiliki jaringan 4G LTE juga sudah sangat bersyukur. Jaringan super cepar 5G ini kabarnya sudah siap diluncurkan akhir tahun ini dan pertengahan tahun 2019.

Pasalnya tidak semua masyarakat indonesia mampu membeli smartphone yang memiliki layanan LTE ini.

Jika dibandingkan dengan jaringan 3G, jaringan 4G sudah cukup bagus kecepatannya, apalagi dengan dikeluarkannya jaringan 5G ini yah?

Baca juga : Art Of Pipon (AOP) Psiphon MOD Transparan Unlimited 2018


Cari tahu kapan akan diluncurkan dan dimana peluncurannya? Simak baik-baik ulasannya.

Internet  5G : Jaringan 5G di Indonesia

jaringan 5g di indonesia


Di tahun 2016 lalu dunia berhasil membawa revolusi jaringan yaitu dari 3G ke 4G dalam cara orang India menggunakan data selular dengan peluncuran jaringan data 4G. Ttapi kecepatan 4G akan segera berakhir saat dunia mulai maju bergerak menuju penyebaran komersial pertama dari pencerahan 5G secepat mungkin sejak awal tahun nanti.

Baca juga : Rahasia Sukses Belajar Bisnis Online 2018 Booming Tanpa Modal


"Layanan jaringan 5G kemungkinan akan masuk ke buku-buku sejarah awal dari perubahan sosial yang lebih besar, yang akan memungkinkan peningkatan layanan broadband bergerak seperti Virtual Reality (VR), Augmented  Reality (AR) dan video 4k" menurut Laporan Mobilitas Ericsson oleh perusahaan telekomunikasi di Swedia.

"5G akan memulai dengan peningkatan mobile broadband sebagai kasus penggunaan pertama. Pada akhir 2023, akan ada sekitar 1 miliar 5G langganan, terhitung sekitar 20 persen dari lalu lintas data seluler," kata laporan itu.

Perusahaan percaya bahwa pada 2023 20 % dari semua lalu lintas data akan berada 5G, alias beralih ke jaringan 5G.

"Kami percaya bahwa 20 persen dari semua lalu lintas data pada 2023 akan berada di 5G, dan 20 persen pada 2023 berpotensi lebih dari semua jenis lalu lintas yang kita miliki saat ini - sekitar 1,5 kali lebih banyak dari total lalu lintas 4G / 3G / 2G hari ini, "Patrik Cerwall, Kepala Pemasaran Strategis, Jaringan Area Bisnis, Ericsson, mengatakan kepada IANS.

Spektrum jaringan 5G tidak hanya akan memberikan kemewahan kepada pengguna untuk menggunakan internet tidak seperti sebelumnya, tetapi akan menghasilkan aliran pendapatan besar bagi operator jaringan. "2018 mungkin hanya setahun lagi untuk sebuah industri yang telah terbiasa dengan pertumbuhan yang tinggi dalam jumlah untuk langganan smartphone dan lalu lintas seluler. Namun, dengan perkembangan 5G, saya percaya ini akan menjadi tahun yang sangat penting bagi industri kami, "kata Fredrik Jejdling, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Area Bisnis Jaringan, Ericsson.

Baca juga : Spek Samsung J4 2018 Terbaru beserta Kelebihan dan Kekurangannya


Operator di AS akan menjadi yang pertama yang akan meluncurkan layanan komersial 5G ini.

Keempat operator utama negara itu telah membeberkan kepada publik bahwa mereka akan mulai menyediakan dan meluncurkan layanan 5G diakhir tahun ini dan dipertengahan tahun 2019.

Dari prediksi sejauh ini, di mana nanti peminat yang berlangganan 5G adalah negara-negara Asia dengan kualitas yang baik yaitu Korea Selatan, Jepang dan Cina. Perusahaan memprediksi India akan sepenuhnya mengadopsi layanan 5G pada tahun 2022. Di India, total lalu lintas data seluler bulanan adalah 1.9EB pada akhir tahun 2017, didorong oleh pertumbuhan yang kuat dalam jumlah langganan LTE.

Pada 2023, total lalu lintas diperkirakan akan meningkat 5 kali lipat menjadi 10EB, kata laporan itu. Spektrum 5G supercepat juga akan membuka jalan bagi inovasi smartphone. Smartphone komersial pertama yang mendukung 5G di mid-band diharapkan pada awal 2019, sementara dukungan untuk band spektrum sangat tinggi diharapkan pada awal hingga pertengahan 2019, kata laporan itu.

Demikianlah artikel menarik tentang Internet  5G : Jaringan 5G di Indonesia. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Internet 5G : Jaringan 5G di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel