Rahasia Sukses Bisnis Online Booming Tanpa Modal

Bisnis online 2018

Rahasia Sukses di Bisnis Online 2018

Dewasa ini, makin banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya berbisnis. Ya, bahkan para karyawan dan pegawai tetap di sebuah perusahaan saja banyak yang membuka atau memiliki bisnis sendiri di samping pekerjaan tetapnya. Sebenarnya, berbisnis itu penting atau tidak sih? Sebagai pembuka bahasan rahasia sukses di bisnis online kita kali ini, mari sedikit kita kupas tentang apa itu definisi bisnis dan mengapa bisnis penting untuk dilakukan.

Definisi Berbisnis

Disarikan dari situs Wikipedia.com, menurut ilmu ekonomi, bisnis merupakan sebuah organisasi atau agen yang umumnya menjual produk kepada konsumen yang bisa berupa barang dan jasa dengan orientasi keuntungan. Sesederhana itu. Anda menyediakan produk dan jasa lalu orang membeli pada Anda. Jadi, semua kegiatan yang berhubungan dengan transaksi jual beli dan berorientasi pada  laba atau keuntungan termasuk ke dalam kegiatan berbisnis sekecil apa pun itu. Meski pada dasarnya, tidak ada bisnis yang kecil tetapi yang lebih tepat adalah bisnis yang sedang dirintis. Toh, bisnis-bisnis raksasa dengan omset milyaran rupiah saat ini juga berawal dari bisnis kecil yang sedang dirintis.

Jika dikupas dari segi etimologinya, pengertian bisnis sendiri tidak jauh beda yaitu suatu kondisi di mana seseorang atau sekumpulan orang melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan. Sementara dari dasar katanya sendiri yaitu “bisnis”, mempunyai tiga penggunaan tergantung skalanya dimulai dari bisnis yang merujuk badan usaha yang memiliki kesatuan teknis, ekonomis, hingga yuridis untuk meraup keuntungan. Penggunaan kedua yaitu bisnis yang merujuk pada sebuah sector tertentu seperti sector perdagangan, pertelevisisian dan lainnya. Sementara untuk penggunaan ketiga yaitu kata bisnis yang merujuk pada seluruh kegiatan yang dilakukan organisasi atau komunitas yang menyediakan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan.

Baca juga  : 10 Aplikasi Android untuk Wirausaha Guna Membangun Usaha Kecil-kecilan

Dari berbagai definisi bisnis di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis adalah semua kegiatan perseorangan atau sekumpulan orang untuk menyediakan produk berupa barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan dalam skala kecil mau pun besar. Cukup jelas bukan? Jadi sekecil apa pun bentuk bisnis yang Anda lakukan tetap berpotensi menjadi besar jika Anda mengetahui rahasia berbisnis itu sendiri.

Mengapa Bisnis itu Penting?

Bagi sebagian orang, berbisnis itu terasa sulit karena berbagai kendala mulai dari sulit mengatur waktu hingga terhalang modal yang belum mencukupi. Namun, jika Anda sudah mengetahui rahasia menguntungkan berbisnis, dijamin Anda akan berusaha keras untuk membangun bisnis sendiri. Jadi, apa sih rahasia menguntungkan dari berbisnis itu?

Passion Freedom

Hal pertama yang merupakan rahasia penting yang dapat diberikan dari sebuah bisnis adalah passion freedom. Anda bebas berekspresi dengan bisnis yang dijalankan sendiri. Banyak orang yang menjalankan bisnis yang diawali dari hobi dan berhasil meraih kesuksesan. Tanpa terikat peraturan-peraturan ketat perusahaan dibanding ketika Anda menjadi seorang karyawan, dalam bisnis yang Anda rintis semuanya berjalan sesuai keinginan dan aturan yang Anda buat.

Financial Freedom

Pernah dengar tentang financial freedom? Ya, rahasia menguntungkan kedua  yang didapatkan dari berbisnis adalah kebebasan keuangan di mana Anda bebas melakukan apa saja karena finansial terjamin. Bebas makan di mana saja, bebas mengenakan pakaian apa saja, hingga bebas mengendarai jenis kendaraan apa saja. Nah, dengan berbisnis, Anda berpotensi menjadi sukses dan meraih financial freedom dengan usaha sendiri. Tentu saja semuanya tetap bergantung pada keuletan Anda dalam berbisnis. Akan tetapi, bisnis yang direncanakan dengan matang dan segenap usaha pasti tak akan mengkhianati Anda.

Time Freedom

Jika financial freedom masih bisa didapatkan oleh karyawan-karyawan yang sudah menduduki jabatan penting pada sebuah perusahaan, time freedom merupakan salah satu rahasia menguntungkan yang didapatkan dari membangun bisnis sendiri yang mungkin tidak didapatkan oleh seorang karyawan dengan posisi penting sekali pun. Ketika Anda memutuskan berbisnis, maka Anda adalah bosnya. Anda bebas menentukan kapan waktu bekerja, kapan waktu beristirahat, dan kapan waktunya Anda cuci. Kebebasan waktu ini adalah sesuatu yang sangat mahal dan bisa Anda peroleh saat memiliki bisnis sendiri.

Kebebasan berprinsip

Pernah mendengar tentang sebuah perusahaan yang menerapkan peraturan ketat seperti aturan berbusana, aturan hubungan antara sesama karyawan hingga aturan bersikap dan berperilaku yang kurang sesuai dengan hati nurani karyawannya? Ya, ada beberapa kasus seperti itu yang bisa ditemui di lapangan di mana karyawan tidak diberikan kebebasan berpendapat, berprinsip, bahkan kebebasan berbusana sesuai kepercayaan yang diyakini. Hal-hal di atas itu tak sepenuhnya salah karena setiap perusahaan memiliki kewenangan dan kebijakan masing-masing yang dikeluarkan oleh pimpinan.

Dan, ketika memiliki bisnis sendiri maka Anda bebas melakukan hal-hal yang sesuai dengan prinsip yang dipegang tanpa harus terikat aturan yang dibuat oleh orang lain. Kebebasan berprinsip dan berpendapat adalah rahasia menguntungkan dari berbisnis sendiri yang sangat mahal, bahkan seringnya lebih mahal daripada uang.

Membuka lapangan pekerjaan
Ketika bisnis yang Anda rintis semakin besar, maka tentu saja memerlukan banyak tenaga kerja untuk membantu. Nah, dengan rahasia menguntungkan dari berbisnis ini, Anda sudah membantu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain di sekitar Anda juga menekan angka pengangguran di Negara ini. Berdayakan orang-orang di sekitar Anda dan perlakukan mereka secara adil, niscaya keberkahan dan keberuntungan akan berpihak pada bisnis yang sedang dirintis.

Baca juga :  Macam-Macam Bisnis Online Anak Kuliahan Yang Paling Populer

Financial Freedom

Pernah dengar tentang financial freedom? Ya, kebebasan keuangan di mana Anda bebas melakukan apa saja karena financial terjamin. Bebas makan di mana saja, bebas mengenakan pakaian apa saja, hingga bebas mengendarai jenis kendaraan apa saja. Nah, rahasia menguntungkan dari berbisnis adalah Anda berpotensi menjadi sukses dan meraih financial freedom dengan usaha sendiri. Tentu saja semuanya tetap bergantung pada keuletan Anda dalam berbisnis.

Mengasah kejelian insting

Semakin lama Anda berbisnis, maka semakin terasah insting Anda untuk melihat kesempatan dan celah rejeki yang ada.  Rugi dan gagal di awal bisnis itu wajar, tetapi pengalaman dan pelajaran yang Anda dapat bisa menjadi bekal untuk membangun kembali bisnis dengan lebih matang dan terencana. Sebuah rahasia menguntungkan dari berbisnis yang sangat bernilai.

Apa itu Bisnis Online?

Bahasan kita yang kedua pada artikel Rahasia Sukses di Bisnis Online tentu saja definisi bisnis online itu sendiri. Mungkin sebagian besar dari Anda sudah paham atau setidaknya mengetahui sedikit tentang apa itu bisnis online, namun tak ada salahnya kita kupas kembali batasan-batasan bisnis online yang termasuk salah satu bisnis dengan  prospek menggiurkan ini.

Bisnis online adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau sekumpulan orang untuk menyediakan produk berupa barang dan jasa dengan orientasi mencari keuntungan yang dilakukan secara online. Jika sebelumnya orang berbisnis secara offline di toko atau by door to door, saat ini dengan kemudahan teknologi hadirlah bisnis online dengan kegiatan dan orientasi bisnis yang sama hanya berbeda dalam cara promosi dan pelayanannya.

Jadi, jika Anda berjualan lewat medsos, aplikasi android, marketplace dan sejenisnya, bisnis Anda termasuk bisnis online. Namun, bisnis online ini memiliki cakupan cukup luas di mana tidak hanya produk-produk yang bisa dijual melainkan berbagai jasa yang sebelumnya agak suit dijual secara offline. Penasaran bisnis-bisnis apa saja yang bisa dilakukan secara online? Terus baca artikel Rahasia sukses di bisnis online ini sampai selesai, ya.

Bisnis online 2018

Mengapa Bisnis Online Menjanjikan?

Di era teknologi semakin canggih dan modern seperti saat ini, kebanyakan aktivitas harian dilakukan secara online mulai dari bergaul dan berinteraksi dengan sesama, menunjukkan eksistensi diri, mencari hiburan dan informasi hingga berjualan atau berbisnis. Internet yang zaman dulu hanya menjadi konsumsi sebagian orang dengan kelas social tertentu, saat ini sudah bebas diakses siapa saja lewat genggaman tangan. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet saat ini, semua kegiatan menjadi lebih mudah termasuk berbisnis.

Baca juga  : 10 Bisnis Teknologi Paling Menjanjikan di Masa Depan

Berikut ini 12 poin penting yang merupakan rahasia mengapa bisnis online menjanjikan dan pantas untuk Anda coba.

1. Jumlah pengguna internet di Indonesia cukup besar.

Dilansir dari sebuah surat kabar online, selama 2017, jumlah pengguna internet di Indonesia lebih dari 143 juta orang atau bisa dikatakan 50% dari total keseluruhan jumlah penduduk Negara kita. Wow, sebuah angka yang cukup fantastis bukan? Data ini menunjukkan bahwa jumlah sebesar itu adalah jumlah pengguna internet aktif yang menggunakan sarana online bukan hanya untuk berkomunikasi atau mencari informasi saja tetapi juga untuk berbisnis. Tentu saja, rahasia satu ini merupakan kabar penting bagi Anda yang ingin membuka bisnis online karena kesempatan masih terbuka lebar.

2. Belanja secara online sedang menjadi tren yang diminati

Rahasia kedua mengapa bisnis online menjanjikan adalah tren. Ya, masyarakat di Negara kita ini termasuk konsumtif dan sangat aktif mengikuti tren. Saat ini, belanja secara daring tanpa harus meninggalkan rumah dan menghabiskan waktu sedang menjadi tren yang sangat diminati. Kemudahan seperti ini tentu saja sangat bermanfaat bagi sebagian besar masyarakat yang sibuk dan menginginkan hal yang praktis.

Ada sebuah data yang dikutip oleh CNB Indonesia dari Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) yang menyatakan ada sekitar 82,2 juta dari total 132,7 juta pengguna internet Indonesia yang tercatat mengunjungi toko online selama 2017. Dari jumlah tersebut, aktivitas transaksi jual beli online diperkirakan sekitar 24 triliun hingga 30 triliun selama 2017. Lagi-lagi angka yang sangat fantastis, bukan? Data-data di atas semakin menguatkan bahwa bisnis online masa kini sangat menggiurkan dan menjanjikan untuk digeluti.

3. Rancangan bisnis yang lebih mudah

Berbeda dengan ketika Anda ingin membuka bisnis offline yang memerlukan beberapa syarat mulai dari pemberkasan hingga tempat fisik dan rekan bisnis yang berada di depan mata, bisnis online lebih sederhana dari itu. Anda bahkan bisa membuat sebuah bisnis online tanpa mengurus berkas apa pun dan tanpa memiiki bangunan fisik terlebih dahulu. Jika ingin bekerjasama, Anda juga tak perlu bertatap muka dan mengenal langsung partner bisnis. Cukup dengan jaringan internet, gadget atau laptop dan asas kepercayaan tentunya. Bahkan tak jarang saat ini para pemilik toko online yang sukses mengawwali bisnis mereka hanya mengandalkan gadget dan jaringan internet. Rahasia ketiga ini tentu saja sangat bermanfaat untuk Anda yang merupakan pemula dalam berbisnis.

4. Modal yang dibutuhkan relatif kecil

Rahasia mengapa bisnis online menjanjikan yang keempat adalah etika rancangan bisnis yang diperlukan lebih mudah, tentu saja modal yang Anda keluarkan di sini relatif lebih kecil. Bahkan mungkin hampir tidak ada kecuali jaringan internet yang pada dasarnya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari di zaman sekarang ini. Hal yang paling Anda butuhkan adalah niat dan keberanian untuk memulai bisnis.

5. Lebih praktis dan efisien saat dijalankan

Berhubungan dengan poin rahasia berupa modal di mana Anda bahkan hampir tak memerlukan modal selain gadget, rahasia mengapa bisnis online menjanjikan yanhg kelima adalah lebih praktis dan efisien saat dijalankan. Jika Anda ingin meggeluti bidang jual beli fashion misalnya, tak perlu lagi menyetok barang di rumah karena Anda bisa menjadi dropshipper yang adalah perantara antara supplier dan pembeli. Bahkan ada beberapa bisnis menjual jasa yang bisa Anda lakukan semudah berselancar di dunia maya seperti menulis atau membuat iklan.

6. Fleksibel soal waktu

Poin rahasia mengapa bisnis online menjanjikan yang  satu ini yang tentunya sangat menarik bagi Anda yang menginginkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama Anda. Ya, bisnis online sangat fleksibel dalam hal waktu di mana Anda bisa mengerjakan bisnis ini kapan pun Anda mau dan sempat, tak terikat waktu. Jika memiliki toko online, Anda bebas buka toko jam berapa pun yang Anda mau. Ya, bisnis online bisa berjalan selama 24 jam dan tak terikat waktu.

7. Fleksibel soal tempat

Selain fleksibel soal waktu, bisnis online juga sangat fleksibel soal tempat. Rahasia yang sungguh sangat menarik bukan untuk Anda yang lebih suka bekerja dari rumah? Layaknya Anda yang tak memerlukan toko fisik ketika berjualan online, Anda bisa menggelar lapak Anda di mana pun berada. Saat berada di kantor pada sela-sela jam istirahat misalnya atau bahkan ketika Anda sedang tak ingin beranjak dari tempat tidur. Ya, bisnis online bisa dijalankan ketika Anda sedang meringkuk di atas ranjang nyaman sambil mengenakan baju tidur sekali pun.

8. Jangkauan bisnis lebih luas

Poin rahasia mengapa bisnis online menjanjikan yang ke delapan ini berhubungan dengan poin pertama yang kita bahas mengenai pengguna internet yang sangat besar di Indonesia. Dengan jumlah pengguna internet sebesar itu, tentu jangkauan bisnis Anda menjadi lebih luas dibanding ketika berbisnis secara offline. Bahkan Anda bisa menjangkau pasar internasional dengan mudah melalui internet di mana menurut data, per tahun 2017 jumlah pengguna internet di seluruh dunia menyentuh angka satu miliar.

Baca juga :  10 Gaya Hidup Orang Kaya Indonesia yang Sederhana

Seperti yang kita tahu, internet menghubungkan miliaran penggunanya yang berada di berbagai belahan dunia. Jadi, produk dan jasa yang Anda jual secara online sangat berpotensi untuk dilihat setiap orang dari berbagai penjuru dunia.

Jadi, apa Anda akan tetap melewatkan kesempatan berharga ini?

9. Strategi promosi lebih mudah

Cara Anda mempromosikan barang dan jasa yang dijual secara online pun menjadi lebih mudah. Anda tak perlu memasang poster atau banner di area tertentu agar dilihat orang yang tentu saja memakan banyak biaya. Anda cukup membagikan spesifikasi produk di situs jual beli online seperti bukalapak, blibli, dan lainnya. Atau Anda bisa membuat situs tersendiri yang berisikan beragam spesifikasi produk yang Anda jual. Dan yang paling mudah dan masih diminati hingga saat ini, Anda bisa mempromosikan barang dan jasa yang dijual lewat beragam media sosial yang ada. That’s simple.

10. Tidak memerlukan ijazah tinggi

Ketika Anda ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tentu akan membutuhkan ijazah. Apalagi jika Anda menginginkan kedudukan tertentu dengan gaji yang besar, tentu ijazah yang Anda miliki harus sesuai dengan keinginan perusahaan. Berbeda ketika Anda melakukan bisnis online di mana ijazah bukan hal yang paling dibutuhkan lagi. Siapa saja bisa mulai menjalankan bisnis online ini meski bukan sarjana atau hanya lulusan SD sekali pun. Hal yang paling dibutuhkan hanyalah niat.

11. Bisa dilakukan oleh siapa saja

Masih berhubungan dengan poin rahasia mengapa bisnis online menjanjikan yang kesepuluh di mana bisnis online tidak memerlukan ijazah, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali mulai dari anak-anak bahkan pensiunan, laki-laki atau pun perempuan. Pernah dengan kisah seorang anak yang sukses berbisnis online hingga mendapat omset milyaran rupiah? Ya, itu adalah bukti bahwa bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa saja tanpa batasan gender, batasan usia atau batasan jenjang pendidikan.

12. Kepercayaan masyarakat sudah meningkat

Jika sebelumnya, masyarakat yang masih asing dengan sistem jual beli online lalu merasa ragu dan kurang percaya dengan para penyedia produk secara daring ini, sekarang dipastikan keadaan sudah berubah. Kepercayaan masyarakat terhadap pelaku bisnis online sudah semakin meningkat dikarenakan banyak pebisnis online yang mampu menjaga kualitas pelayanan dan juga kredibilitas usahanya. Jadi, Anda sudah tak perlu ragu lagi bisnis yang akan dijalankan susah mendapatkan pelanggan hanya karena alasan kepercayaan.

Bisnis online 2018

15 Rahasia Sukses Belajar Bisnis Online 2018

Nah, bagaimana pendapat Anda setelah membaca rahasia mengapa bisnis online begitu menjanjikan saat ini? Sudahkah Anda mulai merancang bisnis online yang hendak dijalankan secepatnya? Jika sudah, berikut ini kami beberkan rahasia sukses di bisnis online yang berupa kumpulan tips agar langkah Anda semakin mantap menjajal bisnis menggiurkan satu ini. Simak penjelasannya.

1. Tentukan jenis bisnis

Rahasia sukses pertama adalah menentukan jenis bisnis yang akan Anda geluti. Saat ini ada begitu banyak jenis bisnis online yang bisa Anda pilih mulai dari bisnis online shop yang menjual berbagai produk hingga bisnis berupa jasa seperti jasa penulisan artikel, jasa pembuatan video dan lain sebagainya. Anda bisa mengamati tren pasar terlebih dahulu untuk menentukan jenis bisnis yang tepat.

2. Lakukan survey pasar

Jika Anda masih bingung menentukan jenis bisnis yang tepat, Anda bisa melakukan survey pasar terlebih dahulu dengan mengamati jenis-jenis bisnis online yang sudah ada dan sukses di pasaran. Anda juga bisa melakukan survey pasar berdasarkan kebutuhan yang paling banyak dicari oleh orang-orang di sekitar Anda. temukan bisnis yang tepat dengan cara mengamati hal-hal yang terdekat di dalam kehidupa Anda adalah salah satu rahasia sukses yang telah dilakukan beberapa pengusaha sukses saat mulai merintis.

Baca juga  : 10 Bisnis Musiman yang Paling Menguntungkan

3. Sesuaikan dengan passion

Pernah mendengar motto “Do whatever you love”? Ya, Anda bisa memulai bisnis yang datang dari hobi atau kecintaan terhadap sesuatu. Jika Anda penyuka otomotif, Anda bisa mencoba menjual barang atau jasa yang berhubungan dengan otomotif. Begitu juga jika Anda suka memasak, promosikan masakan Anda dan jadikan bisnis yang tentu saja bisa sangat menghasilkan. Menyesuaikan bisnis dengan passion yang mengalir di dalam darah Anda adalah salah satu rahasia kesuksesan menjalankan bisnis online karena Anda akan menjalankan bisnis tersebut dengan sepenuh hati.

4. Belajar bisnis

Ya, rahasia sukses keempat ini sudah menjadi rahasia umum sebenarnya karena jika Anda ingin sukses, Anda harus belajar. Tetapi belajar di sini tidak melulu harus dilakukan di bangku perkuliahan dengan mengeluarkan sejumlah dana dan waktu. Anda bisa meraih ilmu-ilmu rahasia bisnis online di situs internet dengan mudah, seperti ketika Anda membaca artikel ini. Di zaman serba canggih seperti saat ini, banyak ilmu yang bertebaran di internet dan tak memerlukan banyak usaha untuk menyerapnya.

5. Promosi lewat sosial media

Pada dasarnya, sosial media bukanlah tempat untuk melakukan promosi atau berjualan, tapi Anda bisa mencobanya dengan melakukan promosi terselubung agar daftar teman yang Anda miliki tak risih dengan postingan-postingan Anda. Mengapa promosi bisnis di sosial media begitu penting? Karena layaknya situs marketplace dan forum online lainnya, sosial media bagaikan pasar di mana menjadi tempat berkumpulnya orang banyak. Meski tujuan utama orang menggunakan media sosial adalah untuk bergaul dan berkomunikasi, tak sedikit juga para pengguna media online ini justru tertarik dengan berbagai promosi dan iklan yang diselipkan saat sedang membuka Facebook, instagram dan lain sebagainya.

Bahkan para pengusaha sukses sekali pun masih menggunakan media sosial untuk sekedar melakukan promosi terselubung tentang bisnis atau produk yang mereka jual. Jadi, jangan ragu melakukan rahasia keempat ini untuk menarik pelanggan namun Anda tetap harus berpromosi secara elegan agar tak mengganggu para pengguna medsos yang murni ingin sekedar bergaul dan menikmati hubungan pertemanan di sosial media.

6. Tentukan target market

Rahasia keenam ini masih berkaitan dengan rahasia sebelumnya yaitu promosi lewat sosial media. Jika Anda melakukan promosi lewat medsos, Anda harus menentukan target market yang sesuai. Hal ini berarti Anda harus berteman dengan calon target market yang sesuai. Misalnya, ketika Anda ingin berjualan produk kecantikan wanita, maka Anda wajib mengisi daftar pertemanan dengan kaum hawa yang berpotensial menjadi pelanggan produk Anda. Begitu juga jika Anda berniat menjual sebuah produk berupa buku atau novel, bertemanlah dengan penulis atau orang-orang yang gemar membaca. Anda juga bisa mengikuti beberapa grup komunitas di media sosial guna menjaring target market yang sesuai dengan produk Anda.

7. Respon cepat

Dalam bisnis online, Anda akan mengalami persaingan yang sama ketatnya dengan bisnis offline. Jika pada outlet-outlet atau toko di pasar, mereka menggunakan strategi pelayan yang selalu menawarkan barang kepada setiap pengunjung yang lewat, dalam bisnis online ini Anda bisa melakukannya dalam bentuk respon yang cepat pada setiap calon pelanggan yang menanggapi promosi. Rahasia respon cepat ini yang sudah diakukan beberapa pengusaha lewat call center di websitenya yang bisa beroperasi selama 24 jam penuh.

8. Buatlah website resmi

Nah, jika bisnis yang Anda geluti sudah mulai berkembang, rahasia sukses ketujuh adalah Anda bisa mulai mengambil langkah serius dengan membuat website resmi untuk bisnis online Anda. Website resmi ini akan berfungsi sebagai toko, lapak resmi atau kantor bisnis Anda yang bisa dikunjungi orang kapan saja. Ketika melakukan promosi di media sosial, Anda bisa mengarahkan orang untuk mendapatkan deskripsi lengkap produk dan jasa yang dijual ke alamat website resmi yang Anda miliki.

Untuk pembuatan website ini, Anda bisa menggunakan website gratis mau pun berbayar. Untuk Anda yang masih merintis, website gratisan bisa dijajal menggunakan penyedia website gratis seperti blogspot.com, wordpress.com, atau pun tumblr.com. Namun, jika Anda sudah bisa menyisihkan sedikit modal untuk pembuatan kantor di dunia maya, website berbayar lebih membantu bisnis Anda dengan maksimal. Anda bisa membeli domain dan hosting sendiri yang membuat alamat website Anda terlihat lebih terpercaya dan profesional di mata calon pelanggan.

9. Bentuk tim

Mengerjakan bisnis sendiri memang lebih menguntungkan di mana Anda tak perlu membagi penghasilan dengan orang lain. Namun, ketika bisnis online yang digeluti mulai berkembang dan Anda bermaksud memperbesar bisnis, maka saat itulah kerjasama tim sangat dibutuhkan. Anda bisa memulai dengan mendelegasikan tugas-tugas sederhana kepada orang lain seperti membentuk tim promosi, tim marketer, tim keuangan dan lainnya. Dengan kerjasama tim, maka jalannya bisnis Anda lebih maksimal di mana Anda bisa fokus mencari klien atau partner bisnis sementara tim Anda mengelola bisnis harian. Rahasia sukses ini yang sangat dipahami para pengusaha sehingga mereka tak segan mendelegasikan tugas dan memperkerjakan orang demi mengembangkan usahanya.

10. Pencatatan yang rapi

Rahasia sukses kesembilan ini masih berhubungan dengan rahasia sukses sebelumnya yaitu melakukan pencatatan yang rapi mulai dari pencatatan keuangan, pencatatan stok barang, dan lainnya. Saat bisnis semakin maju, Anda mungkin sudah tak sempat melakukan pencatatan yang rapid an detail di mana pencatatan ini sangat dibutuhkan sebagai arsip perusahaan. Delegasikan tugas ini pada orang yang bisa diandalkan agar kelak Anda bisa melakukan evaluasi dan menentukan strategi ke depannya berdasarkan pencatatan-pencatatan tersebut.

11. Buatlah target secara berkala

Rahasia sukses yang kesembilan ini sebenarnya adalah rahasia umum untuk usaha apa saja yang sedang dikerjakan yaitu menentukan target secara berkala. Anda bisa memulai dengan menentukan target penjualan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Dengan adanya target, Anda jadi lebih terpacu dan bersemangat memenuhi target menuju keberhasilan bisnis yang dikerjakan.

12. Pertahankan kualitas

Saat bisnis sudah semakin berkembang, beberapa pebisnis justru gagal mempertahankan kualitas produknya karena berbagai alasan tertentu mulai dari banyaknya pesanan, kurangnya tenaga dan lain-lain. Nah, jika Anda ingin tetap bertahan di bisnis online ini, rahasianya adalah selalu jaga dan pertahankan kualitas produk yang Anda miliki. Produk dengan kualitas terjaga akan semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuka pintu untuk hadirnya pelanggan-pelanggan baru.

Pernah dengar sistem getok tular, di mana ketika satu pelanggan puas  maka ia akan merekomendasikan produk Anda pada orang-orang terdekatnya. Begitu juga sebaliknya, jika ia kecewa, ia tidak akan kembali pada Anda bahkan menyebarkan kekecewaanya pada orang-orang terdekatnya yang berarti memutus kesempatan Anda meraih pelanggan baru.

13. Manfaatkan testimoni

Rahasia ketiga belas ini sudah sering digunakan oleh bisnis online yang sedang merintis atau pun bisnis online yang sudah besar dan sukses yaitu memanfaatkan testimoni kepuasan pelanggan. Anda bisa menjadikan testimoni-testimoni kepuasan pelanggan sebagai materi promosi guna menarik pelanggan baru. Tapi ingat ya, selalu gunakan testimoni asli, bukan rekayasa untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan kredibilitas bisnis Anda tentunya.

14. Terus berinovasi

Salah satu rahasia sukses yang sangat membantu keberlangsungan bisnis online Anda adalah dengan terus berinovasi tanpa henti. Misalnya, jika Anda berbisnis makanan, Anda bisa berinovasi dengan resep-resep baru yang akan semakin memperbanyak variasi menu yang bisa dipilih pelanggan dan juga mencegah kebosanan.

Jika Anda menggeluti bisnis online di bidang jasa, selain mempertahankan kualitas, Anda bisa berinovasi dengan membuat paket-paket jasa yang menarik hingga memberikan promo dan bonus dalam jangka waktu tertentu.

15. Evaluasi secara berkala

Nah, rahasia sukses di bisnis online yang terakhir namun juga sangat penting adalah evaluasi secara berkala. Mengapa rahasia  sukses ini menjadi sangat penting karena dengan melakukan evaluasi secara berkala, Anda bisa mengetahui hal-hal yang wajib dipertahankan dan hal-hal yang harus diperbaiki demi kelangsungan bisnis online ke depannya.

Bisnis online 2018

Beberapa Jenis Bisnis Online yang Cukup Menjanjikan

Bagaimana pendapat Anda setelah kita membahas tentang 15 rahasia sukses di bisnis online? Semoga semakin memberikan pencerahan pada Anda yang benar-benar berniat memulai bisnis online ini. Saat ini di Indonesia, sudah bukan rahasia lagi di mana bisnis online semakin banyak jenisnya dan cukup menjanjikan.
Nah, pada subtopik kali ini, akan kami beberkan 20 jenis bisnis online yang cukup menjanjikan dan bisa Anda adaptasi sesuai dengan kemampuan juga minat. Apa saja bisnis online yang dimaksud? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Online shop

Ya, toko online adalah jenis bisnis online pertama yang cukup menjanjikan. Hal ini disebabkan semakin tinggi minat masyarakat berbelanja secara online. Di era teknologi yang berkembang secara pesat ini, kebanyakan orang menginginkan kemudahan termasuk dalam hal berbelanja. Maka, bisnis online shop bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang minim modal. Anda tinggal mempromosikan produk jualan di sosial media, marketplace atau bahkan website resmi untuk menarik pelanggan.

Produk-produk yang Anda jual pun beragam dan tak jauh beda dengan offline shop seperti produk fashion, alat-alat dapur bahkan produk otomotif.

2. Dropshipper

Pada dasarnya, bisnis satu ini hampir sama dengan bisnis online shop di mana Anda menawarkan  produk berupa barang pada pelanggan. Namun sistem dropshipper ini lebih sederhana karena Anda hanya perlu mempromosikan produk dan menjadi perantara antara supplier dan konsumen tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu.

Bisnis dropshipper ini hampir tanpa modal karena Anda hanya tinggal menerima uag dari calon konsumen lalu meneruskannya kepada supplier. Sementara untuk packaging hingga pengiriman ke alamat konsumen dilakukan sepenuhnya oleh supplier.

3. Freelance writer

Bisnis online kedua yang bisa Anda jajaki adalah menjadi freelance writer yang tentunya akan sangat mudah dilakukan bagi Anda yang berminat di bagian tulis menulis. Dewasa ini, banyak situs-situs internet yang memerlukan tulisan-tulisan segar setiap harinya dan Anda bisa menjual tulisan Anda dengan bekerjasama melalui web-web freelance worker seperti Project.co.id atau pun Sribulancer.com.

Untuk penulisan artikel sendiri umumnya dibanderol seharga 7000 rupiah hingga mencapai ratusan ribu tergantung konten yang diminta. Jika bisnis ini berjalan lancar, bukan tidak mungkin Anda bisa menjalankan sebuah agensi penulisan sendiri.

4. Buzzer produk

Salah satu bisnis online yang bisa Anda coba dan masih berhubungan dengan dunia tulis menulis adalah menjadi buzzer suatu produk. Hm, apa sih sebenarnya pekerjaan buzzer itu?

Buzzer adalah sebuah profesi di mana Anda mempromosikan sebuah produk meski tanpa harus mencoba terlebih dahulu produk tersebut asalkan Anda sudah mengetahui spesifikasi produk yang ingin di-buzzer-kan. Di sini Anda bisa mempromosikan mulai dari produk makanan, pakaian, bahkan produk jasa dengan menonjolkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh produk-produk tersebut.

5. Jasa penerjemah

Masih berhubungan dengan dunia kepenulisan, untuk Anda yang pandai berbahasa asing, bisa memanfaatkan keterampilan berbahasa Anda dengan membuka jasa penerjemah mandiri. Anda bisa mempromosikan jasa ini dengan membuat sebuah portfolio yang menjelaskan pekerjaan penterjemahan yang pernah Anda lakukan sebagai informasi pendukung.

Selain promosi lewat berbagai media sosial, Anda juga bisa melamar pekerjaan penterjemah melalui situs job freelancer seperti Project.co.id. Sribulancer.com, atau Fiverr.com.

6. Jasa kursus atau pelatihan online

Bisnis online yang menjual jasa lainnya bisa berupa jasa kursus. Ya, jika dulu ketika mengikuti pelatihan atau kursus, kita harus bertatap muka, saat ini semuanya bisa dilakukan secara online. Anda bisa membuka kursus online dan menjadwalkan kelas tanpa harus bertemu di dunia nyata.

Anda bisa menjalankan kursus dengan menggunggah materi, memberikan tugas hingga berinterasksi dengan peserta kursus secara online melalu email, aplikasi android, mau pun sarana sosial media seperti facebook, what’sapp, dan lainnya.

7. Jasa edit foto atau video

Untuk Anda yang gemar mengutak-atik foto atau video, hobi yang digeluti ini bisa Anda jadikan ladang bisnis dengan menerima jasa edit foto atau video secara online. Pelanggan bisa mengirimkan file yang ingin diedit melalui email atau sosial media dan Anda bisa mengirimkan dengan cara yang sama ketika sudah selesai.

Jasa editing video dan foto ini umumnya untuk mengedit video acara wisuda, pernikahan dan lain sebagainya. Anda bisa mempromosikan jasa editing ini di media sosial atau melamar pekerjaan pada situs-situs job freelancer.

8. Youtuber

Sejak 2005 lalu, ketika Youtube diluncurkan, banyak orang yang menggunakan media satu ini sebagai sarana aktualisasi dan eksistensi diri. Dan saat ini, Youtube sudah layaknya batu loncatan untu Anda yang ingin terkenal dan menjadi selebriti dadakan dengan cara mengunggah video-video menarik pada akun Youtube Anda.

Ketika semakin banyak orang yang melihat dan membagikan video Anda, datftar segera akun Anda  kepada Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari konten-konten bermutu dari saluran Anda.

Itulah tadi beberapa jenis bisnis online yang bisa Anda coba sesuai dengan passion juga keahlian yang dimiliki, selain delapan jenis bisnis di atas, masih banyak bisnis online yang bisa Anda geluti dan berpotensi memberikan penghasilan cukup besar jika dilakukan dengan tekun.

Bisnis online 2018

Penyebab Bisnis Online Gagal

Layaknya bisnis lainnya, bisnis online pun bisa saja gagal, tak membuahkan hasil atau malah menimbulkan kerugian. Hal ini tentu saja menyebabkan frustasi dan kekecewaan yang besar. Oleh sebab itu, sebelum Anda memulai bisnis online, mari kenali beberapa penyebab kegagalan bisnis online sedari dini agar bisa menghindarinya.

Lalu, apa saja sih kesalahan fatal pebisnis online yang menjadi rahasia kegagalan utama mereka?

  • Kurang fokus dan tidak konsisten

Pada dasarnya, bisnis apa pun akan mengalami kegagalan jika Anda kurang fokus dan tidak konsisten saat menjalankannya. Meski bisnis online ini lebih fleksibel dijalankan karena tak dibatasi ruang dan waktu, Anda tetap harus mencurahkan perhatian dan konsentrasi secara maksimal saat melakukan bisnis ini. Karena apa pun yang dilakukan secara setengah-setenga dan kurang fokus maka hasilnya akan setengah-setengah juga.

  • Minim pengetahuan

Rahasia yang menjadi penyebab kegagalan bisnis online yang kedua adalaha minimnya pengetahuan tentang bisnis mau pun internet. Saat Anda memutuskan berbisnis, minimal Anda sudah memiliki dasar-dasar pengetahuan tentang bisnis itu sendiri. Begitu juga saat Anda memutuskan berbisnis secara online, maka Anda harus meng-upgrade pengetahuan tentang internet seperti dari yang paling mudah yaitu mengirim email hingga membuat website resmi.

  • Terlalu banyak bisnis

Keragaman bisnis online seringnya menggiurkan dan membuat orang ingin meraup untuk sebesar-besarnya dengan menjalankan berbagai jenis bisnis yang ada di depan mata. Sebaiknya Anda fokus dulu pada satu bisnis jika baru merintis dan maksimalkan usaha Anda. Jika satu usaha sudah mulai berkembang dan mapan baru Anda bisa mempertimbangkan untuk merambah bisnis lainnya.
Tidak ada kerjasama tim
Saat bisnis online yang Anda geluti semakin besar, jangan ragu untuk mendelegasikan tugas pada orang lain. Karena kemampuan dan fokus seseorang itu terbatas. Namun jika Anda masih serakah dan mengerjakan semua sendiri, sudah bisa dipastikan hal ini akan menjadi penyebab kegagalan bisnis online Anda.

  • Mudah menyerah

Pasang surut dalam bisnis itu sudah biasa, namun jika Anda gampang menyerah ketika menghadapi suatu masalah yang menyebabkan surutnya bisnis, sudah bisa dipastikan itu adalah awal kegagalan Anda. Tidak ada yang instan di dunia ini dan semuanya perlu proses. Ingat, para pengusaha sukses saat ini juga berangkat dari banyak kegagalan namun mereka memutuskan untuk tidak pernah menyerah.

  • Promosi tanpa edukasi

Ketika mempromosikan suatu produk terutama di media sosial, umumnya orang hanya fokus pada promosi saja tanpa diimbangi dengan edukasi tentang produk yang ditawarkan. Hal ini tentu saja kurang menarik minat calon pelanggan dan lama-lama mereka akan bosan menanggapi. Tentunya Anda tak mau bukan hal ini menjadi penyebab kegagalan bisnis Anda?

  • Salah sasaran

Salah satu penyebab kegagalan bisnis online yang paling fatal adalah salah sasaran pelanggan. Target market yang salah tentunya akan membuat produk yang Anda tawarkan kurang diminati dan bahkan jarang direspon. Jika Anda mempromosikan perlengkapan bayi pada remaja tentunya tidak akan efektif bukan?  Jadi, tentukan target market Anda secara spesifik dan sasar mereka dengan baik.

  • Fokus pada penjualan saja

Inti utama dari berbisnis bukanlah hanya menjual jasa tetapi juga menarik banyak pelanggan loyal yang akan melakukan repetisi order. Jika Anda hanya fokus pada penjuan saja, sudah dipastikan bisnis online Anda akan stuck, jalan di tempat dan tidak berkembang. Untuk menarik hati pelanggan agar mau jadi pelanggan setia bisa Anda lakukan dengan sistem follow up setelah pembelian dengan menanyakan bagaimana pendapat mereka dengan produk yang sudah digunakan.

  • Salah strategi

Strategi sangat dibutuhkan dalam jenis bisnis apa pun termasuk bisnis online dan salah satu strategi terpenting dari bisnis adalah promosi. Penyebab kegagalan lainnya dari bisnis online adalah kesalahan strategi promosi di mana hasil yang akan didapatkan tentu saja tidak akan maksimal. Misalnya jika Anda ingin mempromosikan produk via sosial media tentunya strateginya harus disesuaikan dengan media yang akan digunakan karena strategi promosi pada facebook yang berbasis konten dengan instagram yang berbasis gambar ternyata jauh berbeda.

  • Kurangnya upgrade skill

Penyebab kegagalan bisnis online yang terakhir adalah kurangnya keingian meng-upgrade skill terutama skill dalam berbisnis online. Dunia internet adalah dunia yang dinamis yang senantiasa berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Jika Anda tidak melek teknologi dan selalu meng-upgrade skill bisnis, kelak bisnis Anda akan tergilas oleh waktu dan saingan yang bermunculan.

Kegagalan bisnis pada dasarnya adalah hal yang wajar namun sebisa mungkin bisa kita antisipasi jika memiliki rencana yang matang di awal bisnis.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai rahasia sukses di bisnis online yang mengupas mulai dari definisi bisnis,  mengapa bisnis online menjanjikan, hingga penyebab kegagalan bisnis online yang seringkali terjadi. Semoga artikel rahasia sukses di bisnis online menambah wawasan Anda dan memberikan sedikit gambaran ketika Anda mulai merintis bisnis online. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *