Google Ads vs Facebook Ads : Perbandingan, Kelemahan dan Keunggulan yang Cukup Signifikan

Gambar Google Ads vs Facebook Ads : Perbandingan, Kelemahan dan Keunggulan yang Cukup Signifikan

Perbandingan Google ads vs facebook ads
Ketika anda memulai bisnis online, mungkin anda akan menemukan istilah  google ad dan juga facebook and. Apakah pengertian diantara keduanya? Manakan yang terbaik antara google ad vs facebook ads?.

Google ad (google adword) adalah platform periklanan yang di sediakan oleh google. Bertujuan untuk mengatur iklan bisnis yang sedang dijalankan, sedangkan facebook ads adalah layanan periklanan yang disediakan facebook. Perbandingan google ad vs facebook ads pertama mengenai pembayaran iklan, dalam dengan Google adword, pengguna dapat mengatur penempatan iklan pada search engine atau jaringan google lainnya lengkap dengan target pasar, bahasa dan lainnya. Target calon pelanggan dapat di bangun dari input keyword, topik hingga waktu.

Biaya google adword dapat menggunakan beberapa cara antara lain biaya setiap 1000 impresi. Maksudnya adalah biaya iklan di kenakan setiap ada 1000 pengguna google yang melihat iklan tersebut. Ada pula biaya per klik, jika ada pengguna yang hanya melihat iklan, anda tidak dikenakan biaya, namun jika terjadi klik pada iklan tersebut baru biaya akan ditagihkan. Dan yang terakhir adalah biaya per konversi, yaitu anda hanya akan membayar ketika tujuan iklan terpenuhi seperti terjadinya penjualan, pendaftaran member,  lama waktu kunjungan dan lainnya. Sedangkan facebook ads sebagai media iklan yang disediakan facebook pada websitenya juga tak jauh berbeda dengan google ad. Untuk biaya iklan, facebook adv terdiri dari 2 macam cara pembayaran yaiu CPM (Cost per mille) yaitu harga iklan setiap 1000 penayangan atau CPC (cost per click) yaitu harga yang disesuaikan dengan jumlah klik yang dilakukan pengguna internet.

Gambar Google Ads vs Facebook Ads : Perbandingan, Kelemahan dan Keunggulan yang Cukup Signifikan

Perbandingan google ad vs facebook ads dalam hal konversi rate menempatkan google ad sebagai media periklanan yang lebih unggul. Karena google ad menggunakan target market berdasarkan keyword dan juga demography. Pada laman faebook meskipun sudah masuk kedalam kriteria minat dan tempat, target masih belum tentu ingin membeli barang dan jasa yang ditargetkan. Lain halnya dengan google ads, ketika pengunjung memasukkan kata kunci tertentu biasanya sudah spesifik dengan tingkat kemungkinan untuk membeli produk yang tinggi. Sehingga google ad vs facebook ads dalam hal konversi rate, menggunakan google ad  lebih menguntungkan.

google ad vs facebook ads selanjutnya, keduanya memang memiliki ciri khas target yang berbeda. Google ad akan mempertemukan penjual dangan pembeli melalui iklan berdasarkan pada keyword kebutuhan yang mereka inginkan, sedangkan pada facebook adv efektif untuk membantu pengguna dengan interest atau keinginan yang sama. Facebook ads lebih unggul dalam mengelola kepercayaan. Jika anda menggunakan google ad bukti kepercayaan hanya ditunjukkan dalam rating, berbeda dengan facebook yang dilengkapi dengan platform yang memiliki fasilitas menjawab pertanyaan konsumen, menyediakan informasi tambahan bahkan brand pun dapat menanggapi keluhan secara langung melalui fanpage, sehingga pengelolaan kepercayaan semakin mudah, tergantung pada cara pengguna memanfaatkan layanan yang telah tersedia.

Untuk detail targeting, facebook ads juga lebih unggul karena sudah dapat mencapai target spesifik mulai dari jenis kelamin, usia hingga perilaku menggunakan facebook, sedangkan pada google ad hanya berdasarkan keyword dan lokasi. Selain itu targeting yang spesifik bisa mengahasilkan CPC  rendah artinya semakin murah. Perbandingan google ad vs facebook ads berdasarkan CPC menempatkan facebook adv lebih bak dibanding google ad.

Sedangkan untuk optimasi pada mesin pencari google ad memang lebih unggul karena pada umumnya pengguna yang ingin mendapatkan sesuatu akan menuliskan pada kolom pencarian spesifik dengan tempat tujuan. Oleh karena itu kemungkinan terjadinya transaksi jika mengunakan google ad memiliki kemungkinan yang cukup tinggi jika memasukkan keyword dan temat yang jelas. Demikian perbandingan antara google ad vs facebook ads  semoga bermanfaat.

0 Response to "Google Ads vs Facebook Ads : Perbandingan, Kelemahan dan Keunggulan yang Cukup Signifikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel