10 Penyebab Orang Gagal Bisnis Online

Saat ini melakukan jual beli online sudah umum  dilakukan, bahkan telah menjadi suatu budaya. Jual beli online dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, baik itu ketika sedang berada dalam kendaraan, saat jam istirahat dan pada berbagai kesempatan lain. Tentu saja berbisnis online menjadi kesempatan bisnis gurih yang menjanjikan banyak keuntungan.

Namun sayangnya tidak sedikit pula orang yang gagal pada saat memulai bisnis onlinenya. Terdapat  beberapa faktor yang membuat mereka mengalami kegagalan tersebut. Oleh karena itu berikut telah dirangkum 10 penyebab orang gagal bisnis online, yaitu :

Penyebab Bisnis Online Gagal

1. Kurang promosi

10 penyebab orang gagal bisnis online pertama adalah minimnya promosi. Baik jual beli secara online dan offline tentu saja faktor promosi menjadi bagian penting ketika memulai suatu usaha. Bisnis online tidak mengharuskan untuk memiliki lapak yang besar, namun sangat menuntut keaktifan dalam promosi, semakin banyak orang yang tahu akan bisnis online tersebut, maka semakin tinggi pula traffic toko anda di kunjungi pembeli.

2. Mindset

Pola pikir yang mengatakan bahwa bisnis online membuat orang cepat kaya adalah suatu hal yang keliru jika tidak dibarengi dengan usaha maksimal. Hal ini menjadi 10 penyebab orang gagal bisnis online selanjutnya. Sering kali karena mindset tersebut, membuat banyak pemula berputus asa karena kecewa dengan hasil yang tidak sesuai dengan harapan awalnya

3. Perencaaan yang salah

Baik itu bisnis konvensional atau online tetap membutuhkan perencanaan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, persiapkan segalanya dengan baik agar tujuan dapat tercapai sesuai rencana.

4. Pengetahuan yang terbatas

10 penyebab orang gagal bisnis online berikutnya adalah keterbatasan pengetahuan. Jika anda sudah memutuskan untuk terjun dalam bisnis online, wajib hukumnya untuk memperlajari metode dan juga cara kerjanya. Jika tidak mengetahui hal tersebut maka proses bisnis anda akan mengalami banyak hambatan.

5. Terlalu pasif

Bisnis online sangat bergantung pada keercayaan, jika respon anda sangat lambat atau tidak bersahabat menyapa pembeli, maka perkembangan terhadap bisnis anda juga tidak bisa cepat naik. Inilah 10 penyebab orang gagal bisnis online lainnya.

6. Tidak ada keunikan

Ingat saingan yang akan anda temui dalam dunia maya jumlahnya bisa sangat banyak, karena tidak ada batasan wilayah dan juga tempat, siapa saja bisa tergabung kedalamnya, oleh karena itu anda harus memiliki suatu hal yang berbeda sehingga membuat konsumen tertarik masuk kedalam toko online anda.

7. Kurang komitmen

10 penyebab orang gagal bisnis online ini karena komitmen yang rendah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu saja diperlukan pengorbanan yang tidak sedikit pula, curahkanlah perhatian anda secara maksimal terhadap apa saja yang sedang anda geluti.

8. Takut

Banyak juga calon pengusaha online yang menahan produknya karena menunggu kesempurnaan produk yang akan diluncurkan. Hingga membuat mereka berbulan-bulan hingga tahunan tidak segera meluncurkan produk

9. Memulai dengan target yang tinggi

Memang banyak kisah sukses bisnis online, tentunya sangat menggiurkan bukan, namun jangan pernah lupakan proses mereka sebelum sampai pada titik itu. Target terlalu tinggi di awal akan membebani mental dan membuat anda untuk cepat menyerah

10. Tidak mendengar keluhan pelanggan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kepercayaan adalah suatu hal yang sangat penting disini. Ketika keluhan konsumen tidak dihiraukan anda harus bersiap-siap mendapat reputasi yang buruk. Hal ini dapat berdampak pada calon pembeli lain berpikir  ulang untuk berbalanja pada toko anda.

Demikian beberapa hal yang sering terjadi dan menjadi 10 penyebab orang gagal  bisnis online. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *