Pilih Blogger atau Wordpress? Mana Yang Lebih Bagus? Berikut Penjelasannya

Anda ingin membuat blog? Dan bingung mau milih tempat untuk ngeblog? Pastinya anda sering menemukan dan membanding-bandingkan wordpress.com, wordpress.org dan blogger.com.

Mana yang lebih bagus dari ketiganya? Dilansir dari PanduanIM.com bahwasannya ada perbedaan yang mencolok dari ketiganya.

Seperti halnya yang wordpress.com dan wordpress.org. Keduanya memang dari perusahaan yang sama dan memiliki nama yang sama juga. Akan tetapi ada beberapa perbedaan yang begitu mencolok.
Pilih Blogger atau Wordpress? Mana Yang Lebih Bagus? Berikut Penjelasannya
Sumber: kaskus.co.id
Wordpress.org adalah layanan yang menggunakan self hosted. Sedangkan wordpress.com adalah layanan yang menggunakan hosted, sama halnya seperti blogspot.com.

Self hosted artinya adalah semua layanan itu sudah milik anda, tidak tergantung dan diatur oleh google semuanya dan bukan milik orang lain.

Sedangakan hosted adalah ibarat anda memiliki rumah tetapi rumahnya itu menempati tanah orang lain.

Intinya wordpress.org ini 100% milik anda semua. Sudah paham kan?

Lalu, lebih gampang mana jika ingin membuatnya?

Blogspot.com dan wordpress.com sangat mudah digunakan, karena anda hanya perlu mendaftarkan langsung ke websitenya masing-masing.

Sedangkan wordpress.org tidak semudah itu, anda harus membayar biaya sewa hosting dan domain untuk per bulan maupun per tahun sebelum selanjutnya anda install.

Bila anda ingin sepenuhnya gratis, artinya anda hanya perlu membuat konten saja,  maka anda harus rela kalau alamat website anda jadi seperti ini : namawebsite.blogspot.com atau namawebsite.wordpress.com

Namun, apabila ingin dirubah menjadi namawebsite.com atau namawebsite.net dapat membeli domain dan biayanya sekitar 100 rb pertahun.

Sedang untuk wordpress.org anda harus sedikit merogoh kocek sekitar 500rb untuk bisa menyewa hosting dan domainnya. Yang didalamnya memiliki kapasitas 1-10GB (tergantung layanan hosting mana).

Dalam perkembangannya, wordpress.org akan jadi lebih murah walaupun membutuhkan biaya awal yang cukup besar.

Dari ketiganya semuanya setara. Tapi disini ada beberapa pertimbangan lagi, diantaranya adalah wordpress.com dan .org lebih mudah digunakan karena didashboarnya lebih ramah dan lebih Seo. Sedangkan blogger.com sedikit membingungkan ketika anda ingin mencari suatu menu di dashboard nya.

Wordpress.og memiliki tampilan yang lebih unggul jika dibandingkan blogger.com. Blogger bisa dikatakan memiliki tampilan yang masih jadul.

Jika di wordpress.org dan .com ada ribuan template gratis dan berbayar yang bisa anda gunakan sesuai keinginan, tetapi anda tidak bisa mengedit HTML dan CSS.

Berbeda dengan blogger.com, anda harus membeli templatenya di orang-orang yang menjualnya lewat google atau mencari template gratisan di google pula. Akan tetapi, di blogger anda bisa leluasa mengedit HTML dan CSS nya.

Di blogger dan wordpress.com ini masih ada kaitan dengan pemiliknya. Website anda akan dikontrol 100% oleh sang pemilik. Jadi sewaktu-waktu nanti website anda bisa dihapus olehnya tanpa adanya pemberitahuan apapun.

Untuk adsense, keduanya bisa dipasang adsense, berikut lebih lengkapnya bisa anda baca cara daftar adsense blog.

Bagaimana? Mau milih yang mana? Wordpress atau blogger? Terserah anda semua.. Itu tadi adalah perbedaan dan kelebihan serta kekurangan antara blogspot dan wordpress.. Semoga bermanfaat.

Sumber : panduanim.com

0 Response to "Pilih Blogger atau Wordpress? Mana Yang Lebih Bagus? Berikut Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel