Doa Agar Mudah Menghafal Pelajaran dan Dapat Memperkuat Ingatan

Doa agar mudah menghafal pelajaran - bagi para pelajar saat menempuh ujian atau ulangan harian adalah sesuatu yang mendebarkan dan sekaligus menguras tenaga? Mengapa? Karena sobat harus menyelesaikan semua mata pelajaran yang ada pada hari itu dengan mengingatnya. Ini menjadikan semuanya itu sangat sudah, karena dalam satu hari satu malam anda harus mengingat dengan cepat.

Bagi para pelajar cerdas mungkin tidak sedikit pun yang mengeluh mengenai ini, namun biasanya pelajar cerdas mengaku bahwa dirinya sudah bisa dan tidak mau belajar. Hal inilah yang menjadikan lama kelamaan pelajar cerdas itu menjadi pelajar malas, dan akibatnya otak pun tidak mau berpikir untuk mengingat. Sedangkan pelajar malas yang ingin mempunyai otak cerdas itupun diasah terus menerus dengan cara belajar setiap hari secara rutin. Hal ini menjadikan pelajar malas itupun menjadi pelajar rajin sekaligus pelajar cerdas.

Doa Agar Mudah Menghafal Pelajaran dan Dapat Memperkuat Ingatan

Mengingat diumur yang begitu belia masih dimudahkan dalam hal hapal menghapal mata pelajaran, maka sobat harus memanfaatkan situasi tersebut agar otak terus berjalan dan berpikir setiap harinya. Cobalah untuk terbiasa membaca buku pelajaran setiap hari minimal 15 menit - 30 menit. Bila anda seorang pelajar atau mahasiswa, bacalah hal-hal yang menyangkut pelajaran-pelajaran di  sekolah. Namun, bila anda seseorang yang sudah lulus sekolah dan tidak melanjutkannya, bacalah buku-buku motivasi hidup dan buku-buku yang membangkitkan motivasi sobat untuk bisa menjadi seseorang yang kreatif dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Baca juga : Cara Bangun Tepat Waktu Sesuai Dengan Syariat Islam

Hal di atas adalah suatu cara agar sobat mudah dalam menghapal materi apapun baik itu dalam hal sosial maupun keagamaan. Yang apabila rutin dilakukan akan mengakibatkan otak terus berjalan secara efektif setiap harinya dan mampu berpikir secara logis. Namun, apabila dalam hal duniawi saja, rasanya tidak cukup bila tidak diiringi dengan doa. Untuk memaksimalkan hafalannya, anda perlu sedikit dorongan yaitu berupa doa.

Doa Agar Mudah Menghafal Pelajaran


Doa adalah sesuatu hal yang paling penting sebelum kita melakukan kegiatan sehari-hari, tak terkecuali dalam hal menghapal dan mengingat mata pelajaran. Berikut adalah doa agar sobat dapat dengan mudah menghapal dan mengingat pelajaran.
Doa Agar Mudah Menghafal Pelajaran dan Dapat Memperkuat Ingatan
Doa Agar Mudah Menghafal Pelajaran dan Dapat Memperkuat Ingatan 

Dalam bahasa Latin berbunyi :

Allahumma nawwir bila kitaabi bashari washroh biji shodri wasta'mil bihi badanii wathlib bihi lisaanii wa qawwi bihi jananii wasri' bihi fahmi wa qawwi bihi 'azmi bihaulika wa quwwatika fainnahu laa haula walaa quwwata Illa bika yaa arhamar rohimin.

Doa diatas saya dapatkan dari guru ngaji saya saat saya mencari ilmu dengan cara setiap habis Maghrib mendatangi rumahnya dan ngaji kitab seperti orang yang ada pada pondok pesantren. Mohon maaf, untuk arti dari doa diatas sendiri saya belum mengetahuinya. Namun, setelah saya artikan dengan google translate maka terjemahannya menjadi seperti ini.

"Semuanya cerah, jelas dan kuat, dan mereka akan bekerja dengan mereka, dan mereka akan mulai dengan mereka, dan mereka akan siap untuk mereka, dan mereka akan dapat menjangkau mereka. Rham Al-Hamin"

Baca juga : Jumlah Rakaat Shalat Sunah Rawatib yang Dianjurkan

Saya amati dan cermati dari arti diatas sekiranya adalah sebuah fikiran yang manusia miliki tidak ada apa-apanya kecuali hanya dari kekuasaan Allah SWT. Namun, ini menurut pendapat saya sendiri, bila saya sendiri salah menafsirkannya, maka mohon maaf dan bagi yang tahu mohon untuk membenahinya di kolom komentar dibawah.

Cara Membaca Doa Tidak Lupa Saat Pelajaran Agar Lebih Manjur


Bacaan doa diatas sekiranya anda hapalkan dan dibaca setiap mau belajar di rumah maupun disekolah. Caranya adalah sobat perlu membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu yang berbunyi seperti berikut.

Doa Agar Mudah Menghafal Pelajaran dan Dapat Memperkuat Ingatan
Sumber : doaharianislami.com

Setelahnya sobat harus bertawasul kepada nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam dan nabi Idris alaihi salam seraya hati kita meminta diberikan kecerdasan kepada Allah melalui do'a-do'a diatas. Tawasulnya seperti pada berikut ini.

اِلٓى حٓظْرٓتٍ نٓبِى مُسْطٓفٓ رٓ سُوْ لِلّٰهِ صٓلّٓ اللّٰهُ عٓلٓيْهِ وٓ سٓلّٓمْ، ثُمّٓ اِلٓ حٓظْرٓتٍ نٓبِيُّ اللّٰهْ اِدْرِيسْ لٓهُمُ الْفآ تِحٓهْ

Ila hadrati nabi Mustofa Rasulullah itu shalallahu alaihi wa salam, Summa ila hadrati nabiyullah Idris alaihi wasallam lahumul Fatihah.

Lalu, barulah sobat membaca do'a agar tidak lupa pelajaran yang sudah ada diatas. Lakukanlah cara-cara diatas rutin setiap hari sebelum memulai pelajaran disekolah maupun dirumah.

Demikianlah artikel tentang doa mudah menghafal dan mengingat pelajaran. Semoga bermanfaat.

3 Responses to "Doa Agar Mudah Menghafal Pelajaran dan Dapat Memperkuat Ingatan"

  1. Alhamdulillah, Setiap mau belajar, saya selalu berusaha membaca doa sebelum belajar. Walaupun banyak yang menyepelekan namun pengaruhnya sangat2 besar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas.. Usahakan tiap mau melakukan tindakan apapun harus didasari dengan niat dan membaca doa walaupun itu hanya basmalah. Terimakasih telah berkunjung. Semoga ilmunya dapat bermanfaat.

      Delete
  2. Bermanfaat banget nih. Jadi tidak terlalu gugup ketika menghadapi ujian jika materi udah dikuasai. Thanks admin

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel