Makna, Sifat Allah dan Manfaat Al Mukmin Menurut Istilah

Al Mukmin Menurut Istilah

Al-Mu’min secara bahasa berasal dari kata amina yang berarti pembenaran, ketenangan hati, dan aman. Allah Swt. al-Mu’min  artinya Dia Maha Pemberi rasa aman kepada semua makhluk-Nya, terutama kepada manusia. Dengan begitu, hati manusia menjadi tenang. Kehidupan ini penuh dengan berbagai permasalahan, tantangan, dan cobaan. Jika bukan karena Allah Swt. yang memberikan rasa aman dalam hati, niscaya kita akan senantiasa gelisah, takut, dan cemas. Perhatikan firman Allah Swt. berikut!

Dalil Naqli

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

Artinya: “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan syirik, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk.” (Q.S. al-An’ām/6:82)

Dalil Aqli 

Dalam hidup ini kita pasti menginginkan rasa aman dari bencana alam ataupun dari kejahatan manusia yang ada di dunia ini, dimana lagi kita meminta kecuali kepada Allah atau Allah SWT pasti memiliki sifat maha terpercaya tidak mungkin Allah SWT bersifat khianat.

Makna, Sifat Allah dan Manfaat Al Mukmin Menurut Istilah

Ketika kita akan menyeru dan berdoa kepada Allah Swt. dengan nama-Nya al-Mu’min, berarti kita memohon diberikan keamanan, dihindarkan dari fitnah, bencana dan siksa. Karena Dialah Yang Maha Memberikan keamanan, Dia yang Maha Pengaman. Dalam nama al-Mu’min  terdapat kekuatan yang dahsyat dan luar biasa. Ada pertolongan dan perlindungan, ada jaminan (insurense), dan ada bala bantuan.

Baca juga : 14+ Keutamaan Khasiat Bismillah Yang Dapat Mengabulkan Hajat Kita

Berzikir dengan nama Allah Swt. al-Mu’min di samping menumbuhkan dan memperkuat keyakinan dan keimanan kita, bahwa keamanan dan rasa aman yang dirasakan manusia sebagai makhluk adalah suatu rahmat dan karunia yang diberikan dari sisi Allah Swt. Sebagai al-Mu’min,  yaitu Tuhan Yang Maha Pemberi Rasa Aman juga terkandung pengertian bahwa sebagai hamba yang beriman, seorang mukmin dituntut mampu menjadi bagian dari pertumbuhan dan perkembangan rasa aman terhadap lingkungannya.

Mengamalkan dan meneladani al-Asma’u al-Husna al-Mu’min, artinya bahwa seorang yang beriman harus menjadikan orang yang ada di sekelilingnya aman dari gangguan lidah dan tangannya. Berkaitan dengan itu, Rasulullah saw. bersabda: “Demi Allah tidak beriman. Demi Allah tidak beriman. Demi Allah tidak beriman. Para sahabat bertanya, ‘Siapa ya Rasulullah saw.?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Orang yang tetangganya merasa tidak aman dari gangguannya.’” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Nama Allah, Al Mu'minu ( المؤمن ) dibaca Al Mukmin termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah : 

Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, raja, yang maha suci,yang maha sejahtera,yang mengaruniakan keamanan,yang maha memelihara,yang maha perkasa, yang maha kuasa, yang memiliki segala keagungan, yang maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan .(Al-hasyr [59]: 23)

Khasiat Mengamalkan Asma Allah Al Mukmin


Apabila Kita membaca "Yaa Mu'min" sebanyak 136x setiap hari, maka insya Allah keluarga kita dan segala kekayaan kita akan terpelihara dan aman dari segala macam gangguan yang merusakkan.

Makna Al Mukmin


Nama Allah, Al Mukminu mempunyai makna Yang Mengamankan seluruh makhluk-Nya dari segala mara bahaya dan kerusakan. Al Mukmin ( Maha Pemberi Rasa Aman ), Maksudnya yaitu Allah merupakan zat yang senantiasa memberikan rasa aman kepada hamba-hambanya yang beriman.

Sifat Allah Al Mukmin


Contoh dan bikti sederhana bahwa Allah bersifat Al - Mukmin dapat kita lihat dalam diri kita sendiri. Seperti pada tubuh kita, Allah menciptakan alis di atas mata yang berfungsi melindungi mata dari keringat yang jatuh, bulu mata melindungi mata dari debu dan binatang-binatang kecil.

Baca juga : Kehidupan Sehari-hari Umat Islam Yang Patut Kita Tiru

Bukti lain diluar tubuh kita seperti ketika Rasulullah ingin Hijrah dari Mekkah ke kota Madinah. Pada malam keberangkatan Nabi Muhammad, sekeliling rumah Nabi telah di pagar betis oleh orang - orang Quraisy yang ingin membunuh Nabi Muhammad Saw. Akan tetapi dengan sifat Al - Mukmin Allah telah memberi keselamatan kepada Rasulullah. Rasulullah dengan aman dapat keluar dari rumah dan meninggalkan kota Mekkah menuju Madinah.

Orang yang beriman kepada Allah Al - Mukmin akan selalu tenang dan tidak gegabah dalam menghadapi setiap keadaan dan situasi yang genting dan kacau sekalipun.

Manfaat Al Mukmin


Jadi, manfaat meneladani asmaul husna Al-Mu’min adalah agar kita senantiasa menjadi pribadi yang memiliki rasa aman, damai dan dapat menjadi pribadi yang jujur dan amanah.

Kita sebagai seorang muslim hendaknya selalu berusaha menjadi orang yang dipercaya dengan selalu bersifat jujur, tidak berdusta, selalu menjaga amanah, tidak berkhianat. Selain itu kita kita berusaha untuk memberikan rasa aman, membina kehidupan yang tenang dengan tidak membuat onar, perkelahian, pertengkaran, tawuran, dan segala bentuk perbuatan yang meresahkan masyarakat. ini merupakan pengaplikasian dari sifat Allah Al-Mu’min.

Demikianlah artikel tentang Makna, Sifat Allah dan Manfaat Al Mukmin Menurut Istilah. Semoga dapat memberikan banyak manfaat.


Sumber : http://pendidikanislam95.blogspot.com/2017/02/memahami-makna-asmaul-husna-al-karim-al.html?m=1
http://tieyan-islamic.blogspot.com/2011/10/al-mukmin.html?m=1
http://muhhammadanggara.blogspot.com/2014/06/makna-al-mukmin.html?m=1
http://didit-pekiringan.blogspot.com/2014/08/al-mumin-maha-memberi-keamanan-atau.html?m=1

0 Response to "Makna, Sifat Allah dan Manfaat Al Mukmin Menurut Istilah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel