Ya Mutakabbir : Keutamaan, Manfaat Zikir dan Cara Mengamalkannya

Ya mutakabbir - Ya mutakabbir adalah asma Allah yang berada diurutan ke-10 setelah Ya Jabbar dari ke-99 Asma Allah. Ya Mutakabbir ini memiliki makna bahwa Allah-lah yang mempunyai kebesaran, keagungan dan kesombongan. Hanya Allah sajalah yang berhak untuk menyombongkan diri. Allah sangat murka kepada manusia yang suka sombong dan membanggakan diri, misal karena hartanya banyak, pangkatnya tinggi, dan mempunyai jabatan yang hebat membuat manusia lalai bahwa yang berhak sombong adalah sang pencipta, Allah subhanahu wata'ala.

Kelebihan seperti itu tidak ada apa-apanya dimata Allah, sebab segala sesuatu yang berhubungan dengan duniawi Allah setarakan semuanya. Misal ada 2 orang, yang 1 mempunyai harta banyak yang satunya mempunyai sedikit harta. Maka disisi Allah dianggap sama, tidak ada bedanya. Hal yang membedakan adalah unsur ketakwaan kita.

Baca juga : Cara Mengamalkan Wirid Asmaul Husna Ya Jabbar Serta Kahsiatnya

Bisa gak dengan uang yang banyak itu kita manfaatkan dijalan Allah untuk kebaikan di dunia dan diakhirat. Ini yang seharusnya dijadikan sebagai pandangan oleh setiap muslim.

Keutamaan Al Mutakabbir


هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ


Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan. [Q.S. Hasyr: 23]

Secara etimologi, Al-Mutakabbiru berarti kebesaran, angkuh, yang tidak tertundukkan. Ada salah pendapat lain yang menyatakan bahwa ism dari Al mutakabbir adalah takabur dan kibriya' yaitu pemberitahuan tentang hak Allah bagi sifat-sifat agung dan sempurna. Ism Al-Mutakabbir itu mengumpulkan segala makna tanzih (penyucian). Barangsiapa mengenal ketinggian, keagungan dan kebesaran Allah, maka ia akan selalu membiasakan dirinya bersikap hina dan merendah.

Ya Mutakabbir : Keutamaan, Manfaat Zikir dan Cara Mengamalkannya

Rasulullah saw. bersabda: “Semoga Allah mengasihani hamba yang mengenal kekuasaannya sehingga ia tidak melanggar batasan-batasannya.”

Dalam pandangan imam Ghazali yang mengemukakan bahwa Al Mutakabbir adalah yang memandang selainnya hina dan rendah bagai pandangan raja kepada hamba sahayanya hingga merasa bahwa keagungan dan kebesaran hanya miliknya.

Orang takabur adalah orang yang bodoh dan bohong. Bodoh karena dia tidak mengetahui bahwa kebesaran hanya milik Allah. dalam sebuah hadits Qudsi, Allah berfirman, "Kemuliaan adalah pakaian-Ku, kebesaran adalah selendang-Ku. Siapa yang mencoba mengenakannya, akan Aku siksa." (H.R. Muslim)

Baca juga : Khasiat Zikir Ya Salam Asmaul Husna Beserta Dalil Dan Contoh As Salam

Manusia berbohong sebab sebenarnya lemah. Namun, merasa bahwa dirinya hebat. Jangankah ditimpa musibah yang besar, digigit nyamuk saja bisa merasakan sakit. Orang takabur adalah orang yang membohongi diri sendiri. Dengan meneladani sifat asma Allah Al Mutakabbir ini akan menjauhkan diri kita dari sifat takabur.

Oleh karena itu marilah kita senantiasa berusaha dan berdoa kepada Allah Subhanahu wata'ala, seperti halnya do'a berikut "Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari setiap kejahatan yang sekarang dan yang akan datang, kejahatan  yang telah aku ketahui dan yang belum aku ketahui. Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu sebaik-baik yang telah diminta kepada-Mu oleh hamba dan nabi-Mu. Dan aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan, yang telah dimohonkan terhindarnya kepada-Mu oleh hamba dan nabi-Mu." (H.R. Ibnu Majah dan Ahmad)

Ya Mutakabbir 662x


Apabila seseorang berdzikir sebanyak 662x, maka tindak tanduk kita dengan kebijaksanaan bertindak, kita akan dapat menundukkan semua musuh, bahkan mungkin mereka akan menjadi pembantu yang setia.

Demikian pula apabila lafal "Yaa Mutakabbiır" kita baca di anak, niscaya anak itu akan menjadi anak yang shalih.

Manfaat Bacaan Ya Mutakabbir


المُتٓكٓبٌِرْ.  Al Mutakabbir = Yang Mempunyai Kebesaran

Artinya :
Dia-lah yang berhak mempunyai Kebesaran, Keagungan dan Kesombongan.

Apabila menulis kalimat "Yaa Mutakabbir" pada pintu gerbang masuk ke kota, desa, kebun atau rumah dan lainnya sebanyak 84x pada pukul 7, di hari Jum'at, maka dengan izin Allah di tempat tersebut akan senantiasa dilindungi Allah dari segala bentuk kejahatan.

Barangsiapa yang berdzikir setiap hari sebanyak 662x, inshaa Allah orang yang takabur atau sombong akan tunduk kepada kita. Dan jika lafadz ini dia baca ketika akan berjimak atau bersetubuh dengan istri, sungguh nanti akan dijadikan anak-anak yang Sholeh Sholehah.

Bilamana anda mengamalkannya setiap hari, maka dengan izin Allah akan diberikan kekuasaan dan cita-cita yang terkabulkan. Juga bila senantiasa dibaca asma tersebut maka ia memperoleh kebesaran dan apa yang diucapkan akan menjadi kenyataan.

Baca juga : Makna, Sifat Allah dan Manfaat Al Mukmin Menurut Istilah

Cara Mengamalkan Ya Aziz Ya Jabbar Ya Mutakabbir


Cara berdo'a dengan nama Allah, Ya Aziz, Ya Jabbar, Ya Mutakabbir dengan ditambahkan dengan kata Jalla Jalaaluhu yang memiliki arti : Mulia Kemuliaannya.
Misalnya :
"Ya Mutakabbir Jalla Jalaaluhu"

Cara berdo'a diatas berlaku untuk ke-99 asma Allah.

Demikianlah artikel tentang manfaat zikir bacaan Ya Mutakabbir. Semoga dapat memberikan banyak manfaat.

0 Response to "Ya Mutakabbir : Keutamaan, Manfaat Zikir dan Cara Mengamalkannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel