Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root

Lirafli.com - cara membuat baterai hp awet kembali - pada umumnya cara membuat baterai hp awet kembali adalah dengan melakukan pembelian baterai original sesuai smartphone yang anda miliki. Namun, ada cara tersendiri supaya baterai tetap awet tanpa harus ganti baterai. Berikut akan kami jabarkan mengenai cara membuat baterai hp awet kembali tanpa aplikasi dan tanpa root dan cara membuat baterai hp awet kembali dengan menggunakan aplikasi.

Ini adalah pandangan saya sebagai penikmat dan pemakai Hp, bahwasanya hp baterai awet dibawah 2 juta yaitu yang memiliki kapasitas mAh yang tinggi, semakin tinggi nilai mAh dari suatu baterai maka semakin awet pula baterai tersebut. Ini yang sudah dipakai dihandphone keluaran terbaru yang notabennya mempunyai baterai dengan kadar kapasitasnya tinggi. Rata-rata hampir 3.000, 3.500 mAh keatas.

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Root


Hp yang baterai nya awet adalah HP yang memiliki baterai tanam (original) dan memiliki mAh yang tinggi. Namun pada kenyataannya bila baterai tanam sudah rusak atau bocor, tidak dapat diganti. Karena apa? Karena :

  1. Baterai sudah dilem dan akan sulit untuk dicabut. 
  2. Cashing handphone bagian belakang tidak dapat dibuka (tidak ada baut sebagai celah untuk dibuka) 
  3. Stock baterai tanam sedikit, sehingga susah untuk dicari dan kalau ada harganya akan sedikit mahal. 


Sedangkan hp baterai terawet adalah HP yang termasuk kedalam double power. Namun pada kejadiannya, baterai double power tidak lebih awet seperti yang versi originalnya. Bila dibuat dan dipakai untuk HP jadul yang hanya digunakan untuk SMS, telepon dan musik, baterai double power cocok untuk digunakannya.

Cara Agar Baterai Hp Awet Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root
Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi

Berikut cara agar baterai hp awet saat main game.

Kurangi Pencahayaan

Pada saat anda sedang memainkan handphone, gunakanlah pencahayaan layar serendah mungkin. Ini membuat handphone  menjadi semakin awet baterainya. Cara ini terbukti agar baterai diindikasikan lebih awet. Caranya yaitu dengan melalui menu atas layar HP sobat.

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root
Atur mode pencerahan

Tarik kebawah dan akan ada seperti garis yang memanjang dari kiri ke kanan yang berwarna sedikit gradasi putih dan abu-abu. Jika anda menariknya ke arah kiri, maka layar akan semakin petang/gelap. Sedangkan jika anda menariknya ke arah kanan maka akan semakin terang. Untuk itu, lebih baik setting ke arah kiri dan setting serendah mungkin agar tampilan handphone anda tidak menyakitkan mata dan ponsel akan menjadi sedikit lebih awet.

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root
Atur kecerahan

Atau mungkin dapat anda lakukan dengan melalui pengaturan HP, kemudian pilih tampilan dan pilih tingkat kecerahan dan atur posisi kecerahan diposisi paling rendah. Sedangkan untuk fitur kecerahan otomatis disini adalah fitur yang digunakan supaya posisi layar kecerahan handphone menyesuaikan tempat dimana anda saat ini berada. Jika posisi anda sedang berada diluar maka akan secara otomatis kecerahannya tinggi, sehingga saat terkena pantulan sinar matahari tidak begitu gelap layarnya.

Nonaktifkan Getaran

Getaran juga termasuk salah satu penyebab mengapa handphone anda menjadi sangat boros baterai. Untuk itu pastikan ponsel anda selalu dalam keadaan hening demi menghemat baterai saat bermain game.

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root
Aktifkan mode hening

Cara menonaktifkan fitur getaran caranya sama dengan mengurangi kontras layar pada faktor pertama diatas. Yaitu dengan melalui menu atas layar HP, tarik kemudian nonaktifkan tombol  getar dengan mengklik tombol yang bertuliskan hening hingga menjadikannya berwarna biru.

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root

Menonaktifkan dengan cara lewat pengaturan handphone juga bisa. Caranya masuk ke pengaturan kemudian pada bagian pribadi klik suara dan getaran, kemudian nonaktifkan suara menjadi hening dan matikan semua notifikasi getar.

Paksa Berhenti Aplikasi Yang Baru Dipakai

Bila anda sedang membuka aplikasi dihandphone seperti sedang bermain Facebook, bermain instagram, bermain whatsapp ataupun chattingan sama teman. Dan setelahnya kemudian membuka game mobile legend, maka akan membuat baterai handphone anda lebih boros. Loh kenapa?

Karena aplikasi yang tadi dibuka itu masih aktif dan kemudian harus menonaktifkannya serta membuang cache yang telah tersimpan didalamnya. Lalu cara untuk menonaktifkan aplikasi tersebut bagaimana? Caranya yaitu :

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root
Paksa berhenti aplikasi
  1. Buka menu pengaturan, kemudian pada bagian setelan aplikasi pilih aplikasi terinstal. Atau jika HP anda bukan xiaomi bisa buka bagian kelola aplikasi. 
  2. Setelah itu masuk ke aplikasi yang akan dinonaktifkan. 
  3. Maka dibagian bawah akan ada tulisan paksa henti/paksa berhenti, silahkan anda mengkliknya. 
  4. Kemudian bila ada notif, hiraukan dan klik ok.
  5. Nonaktifkan semua aplikasi yang barusan anda pakai. Setelah itu anda baru dapat memainkan game mobile legend sepuasnya dengan baterai yang lumayan awet. 

Gunakan Latar Belakang Hp Yang Gelap

Selain ketiga cara biar baterai hp awet diatas, dapat juga gunakan gambar tema dengan latar belakang gelap. Mengapa? Sebab dengan menggunakan latar belakang gelap maka HP akan semakin awet dikarenakan tampilannya tidak begitu cerah. Cara ini dianggap sama seperti cara yang saya sampaikan diatas, yaitu intinya jangan gunakan HP nyala dalam posisi layar memiliki tingkat kecerahan tinggi. Pada dasarnya ini adalah tips simple namun seringkali diremehkan oleh orang lain. Mulailah sekarang dengan memilih tema latar belakang ponsel dengan warna-warna gelap.

Nyalakan Fitur Penghemat Baterai

Untuk membuat baterai hp xiaomi anda awet, pastikan juga untuk selalu mengaktifkan fitur penghemat baterai yang apabila fitur tersebut sudah aktif akan terlihat ikon baterai akan berwarna oranye. Lantas bagaimana cara melakukannya?

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root
Aktifkan penghemat baterai

Dengan melalui menu atas layar HP, tarik kemudian pilih fitur penghemat baterai dan klik hingga warna berubah menjadi biru.

5 cara yang sudah kami paparkan diatas adalah cara agar baterai hp awet saat main game ataupun tidak dalam keadaan tidak bermain game.

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Dengan Menggunakan Aplikasi

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root

  1. Download aplikasi battery calibration dan install di Hp anda. 
  2. Cas baterai kemudian dalam keadaan full 100% buka aplikasinya dan kemudian klik calibrasi. 
  3. Tunggu hingga proses selesai dan sukses kemudian klik ok. 
  4. Setelah succesded, pakai baterai sehingga baterai benar-benar 0%. Kemudian lakukan charging dalam keadaan HP mati sampai 100%.
  5. Jika sudah gunakanlah smartphone anda seperti biasa dan rasakan perbedaan daya tahan baterai yang sudah dikalibrasi ini. 

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Sudah Ngedrop


Memungkinkan Anda untuk selalu mengecek baterai anda setiap saat, bila terdapat kesalahan fatal semisal baterai menjadi cepat ngedrop, cepat habis, cepat berkembang (bocor) itu dikarenakan saat HP dicas anda memainkannya, sehingga membuat kinerja baterai tidak stabil. Disaat lagi mengisi daya malah anda memakainya, inilah yang menyebabkan baterai cepat sekali mengalami kerusakan.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki baterai HP yang sudah ngedrop? Lakukanlah dengan cara kalibrasi seperti dibawah ini. Cara ini sedikit ribet namun semoga saja berhasil.


  1. Charge ponsel anda sampai penuh 100%. Usahakan handphone dalam keadaan menyala. Kemudian matikan jika sudah penuh.
  2. Dalam kondisi mati, charge kembali sekitar 1 sampai 2 jam. Jika sudah, nyalakan handphone dalam kondisi charger masih terpasang. (Kondisi baterai 100%).
  3. Cabut charger bila ponsel sudah menyala. Lalu gunakan ponsel sampai baterai benar-benar habis total dan diamkan agar ponsel mati sendiri.
  4. Dalam keadaan mati, diamkan ponsel selama 15 menit (jangan dicharge). Kemudian charge HP dalam keadaan mati dan tunggu hingga 100%.
  5. Nyalakan handphone tanpa mencabut kabel charger dan saat sudah menyala segera cabut charger dan gunakanlah ponsel anda seperti biasa.
  6. Jika baterai sudah lemah, segera melakukan charger, jangan apai kehabisan baterai.
  7. Dan, selamat kalibrasi sudah selesai.


Cara Merawat Baterai Hp Baru Agar Awet


Menurut saya sih tergantung pemakaian handphone itu sendiri. Bila anda memakainya sesuai aturan artinya disaat baterai lemah anda langsung mengecasnya. Saya rasa akan baik-baik saja itu baterai. Dan jika saat dicharge usahakan baterai dalam keadaan mati agar lebih cepat terisi penuh.

Usahakan juga HP jangan dimainkan saat dicharge. Inilah yang menyebabkan baterai cepat kembung dan boros. Namun, ini sering disepelekan oleh semua orang.

Cara sederhana ini semoga dapat anda praktekkan ilmunya dan semoga semuanya tidak terjadi apa-apa dan menjadi normal kembali.

Itulah tadi bahasan mengenai cara membuat baterai hp awet kembali. Namun bila baterai hp cepat habis padahal masih baru itu kemungkinan ada kesalahan teknis dari pabriknya. Yaitu baterai belum diuji coba sehingga tidak dalam kondisi yang baik. Bila ini terjadi, maka hubungi pihak terkait untuk mengklarifikasi. Namun, usahakan jangan terlalu lama mengajukan sejak tanggal anda membeli smartphone tersebut. Takutnya sudah tidak ada garansi lagi.

Demikianlah artikel mengenai cara membuat baterai hp awet kembali. Semoga dapat memberi banyak manfaat. Jangan lupa kunjungi terus lirafli.com banyak artikel menarik didalamnya.

0 Response to "Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Tanpa Aplikasi Tanpa Root"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel