Materi, Teknik Dasar, Peraturan Dan Cara Bermain Permainan Sepak Takraw

Materi Sepak Takraw - Berikut akan kami sajikan materi sepak takraw. Apa itu sepak takraw? Bagaimana cara bermain sepak takraw? Kami aja menjelaskan materi sepak takraw lebih lanjut dibawah ini.

Sepak Takraw menjadi olahraga yang sangat digemari di Indonesia bahkan di Asia. Dikarenakan olahraga permainan sepak takraw ini menjadi salah satu olahraga di Asian games 2018 ini. Berkat Asian games, masyarakat banyak yang mulai mempelajarinya. Negara awal-awal yang sudah mengenal olahraga sepak takraw hanya di Asia tenggara saja, seperti halnya Indonesia, Malaysia Thailand bahkan Filipina.

Tak semua orang bisa langsung untuk memainkan permainan sepak takraw ini, butuh waktu yang lama agar bisa memainkannya. Dikarenakan butuh latihan secara rutin, dan yang sangat penting yaitu teknik-teknik dasar bermain sepak takraw. Bagi pemula yang ingin mempelajarinya, maka haruslah mengetahui apa itu teknik dasar bermain sepak takraw, apa saja peraturan-peraturan yang tidak boleh dilanggar oleh si pemain, bagaimana cara bermain sepak takraw, dan seberapa sih ukuran lapangan sepak takraw. Apakah sama dengan ukuran lapangan bulu tangkis, atau bahkan lebih besar?

Pada bahasan ini, kami akan mengulas tuntas mengenai semua materi sepak takraw.

Sejarah Sepak Takraw


Sepak takraw berasal dari 2 kata yaitu Sepak (bahasa Malaysia) yang berarti menendang dan Takraw (bahasa Thailand) yang berarti bola anyaman, pemilihan nama untuk permainan ini adalah kesepakatan dari 2 negara pelopor yaitu Malaysia dan Thailand.

Sepak Takraw pertama kali dimainkan pada abad ke-15 masa Kesultanan Melayu yang pada saat itu disebut sebagai Sepak Raga. Olahraga Sepak Raga adalah olahraga kaki yang bolanya terbuat dari rotan, pada waktu itu tun perak dan tun besar sedang bermain sepak raga dan secara tidak sengaja bola yang ditendang mengenai tutup kepala raja Muhamad sehingga membuatnya terjatuh. Hal tersebut membuat sang raja murka dan langsung membunuh tun besar.

Kejadian itu membuat para saudara dari tun besar marah dan hendak membalaskan dendamnya dengan cara membunuh sang raja. Namun tun perak berhasil menahan mereka dan mengatakan bahwa ia tidak akan mengangkat Raja Muhamad sebagai pewaris Kesultanan. Setelah kejadian tersebut, Sultan Mansyus Syach menyuruh anaknya untuk meninggalkan Malaka dan kemudian mengangkatnya sebagai Penguasa di Pahang.

Materi, Teknik Dasar, Peraturan Dan Cara Bermain Permainan Sepak Takraw


Terdapat sebuah monumen yang menggambarkan Dewa Hanuman bermain sepak Takraw beserta pasukan keranya di Bangkok. Sejak saat itulah olahraga sepak takraw mulai berkembang dan dimainkan oleh masyarakat Melayu serta mulai diberlakukan peraturan-peraturan dalam memainkannya.

Pada 1866, Asosiasi Olahraga Malaysia mulai menyempurnakan peraturan-peraturan pertandingan olahraga Sepak Takraw. Sejak itu perkembangan olahraga Sepak Takraw ini sangat pesat dan menyebar ke berbagai negara Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia.

Sejarah Sepak Takraw Di Indonesia


Masuknya olahraga Sepak Takraw ke Indonesia diawali oleh adanya kunjungan Muhibah Malaysia dan Singapura yang kemudian memperkenalkan permainan sepak takraw. Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah mengenal olahraga ini, akan tetapi hanya sebatas dimainkan sebagai permainan tradisional yang berkembang relatif sangat cepat khususnya di daerah Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Kemudian tahun 1971 mulai dibentuk organisasi resmi sepak takraw yang dinamakan PERSERASI yang beranggotakan 4 anggota yaitu Pengda Sumut, Pengda Sumbar, Pengda Riau, dan Pengda Sulsel. Dan kemudian pada tahun 1980 diadakan Kerjunas Sepak Takraw pertama dengan peserta sebanyak 14 tim.

Cara Bermain Sepak Takraw


Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, permainan sepak takraw adalah permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan dan dimainkan diatas lapangan yang datar dengan panjang dan lebar lapangan adalah 13,40 m dan 6,10 m. Kemudian ditengah-tengahnya dibatasi oleh jaring/net yang dibentangkan seperti halnya permainan bulutangkis. Permainan Sepak Takraw terdiri dari 2 tim yang saling berhadapan satu sama lain yang masing-masing tim/regu terdiri dari 3 orang pemain.

Permainan Sepak Takraw menggunakan kaki sebagai alat serang utamanya dan diperbolehkan untuk menggunakan semua anggota badan kecuali tangan. Tujuan permainan ini adalah mengembalikkan bola agar jatuh di lapangan lawan dan mencetak banyak skor. Sepak Takraw dipertandingkan dalam 3 nomor, yaitu : Nomor Tim, Regu dan Double-event.

Pada 2002 dikembangkan nomor Sepak Takraw baru yang disebut dengan Sepak Takraw Lingkaran (Circle-Game), merupakan permainan sepak takraw yang dimainkan dilapangan yang berbentuk lingkaran. Untuk masing-masing tim terdiri dari 5 orang pemain, tim tersebut memainkan bola dengan cara mengoper ke teman mainnya secara berhadapan dengan nomor yang saling berurutan, dengan operan sesuai tingkat kesulitannya (tingkat kesulitan tinggi nilainya 3, dan tingkat kesulitan rendah nilainya adalah 1).

Waktu dalam permainan Sepak Takraw dibatasi selama 10 menit untuk masing-masing babak. Tim yang memenangkan perlombaan adalah regu yang paling banyak mengumpulkan nilai selama waktu 10 menit lamanya tersebut. Kemudian pada tahun 2006 Sepak Takraw Lingkaran digantikan dengan nomor baru yaitu : Hoop-Takraw, bentuk permainan nomor ini hampir sama dengan sepak takraw Lingkaran (circle-game), akan tetapi pemain yang 5 orang tersebut harus memasukkan bola ke atas “Ring berdiameter 1 meter (bulatan besi) yang dipasang dengan tali setinggi 4,50 meter untuk putri dan untuk putra 4,75 meter di tengah bulatan pemain. Pemain sepak takraw dalam bentuk permainan ini berusaha memasukkan bola ke ring sebanyak-banyaknya dengan pukulan yang telah ditentukan dalam waktu 30 menit lamanya.

Peraturan Sepak Takraw


Berikut ada 11 lebih aturan-aturan yang ada dalam permainan Sepak Takraw

Materi, Teknik Dasar, Peraturan Dan Cara Bermain Permainan Sepak Takraw
Lapangan Sepak Takraw

1. Lapangan Sepak Takraw

  • Ukuran lapangan sepak takraw yaitu 13,40 m x 6,10 m atau setara dengan ukuran lapangan badminton
  • Dapat dimainkan didalam maupun diluar gedung. Bila dimainkan didalam gedung tinggi loteng minimal 8m dari lantai.
  • Keempat sisi lapangan ditandai dengan cart atau lakban yang lebarnya 4 cm, diukur dari pinggir sebelah luar.
  • Area bebas minimal 3 m dari garis luar lapangan bebas dari rintangan
  • Lebar garis tengah atau Center Circle 2 cm 
  • Garis seperempat lingkaran atau Quartet Circle dipojok garis tengah radius 90 cm diukur dari garis sebelah dalam.
  • Lingkaran servis atau the service circle dengan radius 30 cm berada ditengah lapangan, jarak dari garis belakang 2,45 m dan jarak dari titik tengah garis lingkaran ke garis tengah 4,25m, jarak titik tengah lingkaran adalah 3,05m dari kiri dan kanan garis pinggir lapangan.

2. Ukuran Tiang Net

  • Tinggi net putra 1,55m dipinggir dan minimal 1,52m di bagian tengah
  • Tinggi net putri 1,45m dipinggir dan minimal 1,42m di bagian tengah.
  • Kedudukan tiang 30cm diluar garis pinggir

3. Jaring atau Net

Net terbuat dari tali atau benang kuat atau nilon, dimana lebar tiap lubang 6-8 cm.
Lebar net 70 cm dengan panjang 6,10m.

4. Bola Takraw

Bola takraw terbuat dari plastik, dimana awalnya pertama pembuatan terbuat dari rotan, dengan ukuran :

Lingkaran untuk putra : 42-44 cm
Lingkaran untuk putri : 43-45 cm

Berat bola putra : 170-180 gr
Berat bola putri : 150-160 gr

5. Pemain

Dimainkan oleh 2 regu yang masing-masing regu terdiri dari 3 orang pemain dan dilengkapi dengan 1 pemain cadangan.

Posisi pemain yaitu 2 di depan dan 1 dibelakang. Pemain yang berada di posisi belakang disebut back yang berposisi sebagai penyepak mula sebagai tanda awal permainan. Sedangkan 2 orang didepan dengan posisi disebelah kanan dan kiri.

6. Kesalahan Yang Sering Terjadi

a. Kesalahan Pihak Penyepak Bola

  • Jika sebagai pelambung dan masih memainkan bola, melemparkan bola, memantulkan pada teman sendiri, melempar dan menangkap lagi setelah wasit menyebut posisi angka.
  • Jika mengangkat kaki, menginjak garis, menyentuh atau melewati garis bawah net ketika melakukan lambung bola.
  • Saat melakukan service, tekong melompat dan kaki tumpuan tidak berada dalam lingkaran atau menginjank garis lingkaran servis.
  • Tekong tidak menyepak bola yang dilambungkan kepadanya.
  • Pemain sendiri menyentuh bola sebelum melewati net ketika melakukan servis.
  • Bola jatuh diluar lapangan.
  • Bola tidak melewati net.


b. Kesalahan Pihak Penerima Service

Berupaya mengalihkan perhatian lawan dengan cara seperti : isyarat tangan, menggertak, bersuara keras  atau membuat keributan.

c. Kesalahan kedua Pihak

  • Ada pemain yang mengambil bola dilapangan lawan.
  • Menginjak dan melewati satu telapak kaki garis tengah.
  • Ada pemain yang melewati lapangan lawan, walaupun diatas atau dibawah net kecuali pada saat ”The Follow Trugh Ball”
  • Memainkan bola lebih dari tiga kali.
  • Bola mengenai tangan.
  • Menahan atau menjepit bola antara lengan dan badan atau antara dua kaki dengan bola.
  • Bola mengenai loteng atau pembetas lainnya.

7. Sistem Perhitungan Angka

  • Bila penerima servis melakukan kesalahan, otomatis tim yang melakukan servis akan mendapat angka dan melakukan sepak awalan lagi bagi penyervis.
  • Seperti halnya badminton, angka kemenangan setiap set adalah 21 angka, kecuali pada saat posisi imbang di angka 20-20, pemenang akan ditentukan pada saat selisih 2 angka sampai batas akhir yaitu 25 poin. 
  • Kesempatan istirahat 2 menit pada setiap akhir set pertama atau kedua termasuk Tie Break.
  • Bila masing-masing regu memenangkan 1 set, maka akan dilanjutkan dengan set "Tie Break" dengan 15 poin kemenangan, kecuali saat posisi imbang 14-14, pemenang akan ditentukan pada selisih 2 angka sampai batas akhir angka yaitu 17.
  • Sistem perhitungan angka menggunakan Relly Poin


Pergantian Pemain

1. Setiap regu hanya dapat melakukan 1 kali pergantian pemain dalam satu pertandingan.
2. Pemain boleh diganti ketika posisi bila dalam keadaan mati melalui tim manager atau pelatih yang disetujui oleh official atau petugas pertandingan
3. Maksimal menominasikan 2 orang pemain cadangan tetapi hanya boleh melakukan pergantian pemain 1 kali.
4. Bila pemain mendapat kartu merah, sang pemain boleh diganti dengan ketentuan belum ada pergantian pemain sebelumnya.

8. Posisi Pemain Saat Service

  • Sebelum memulai permainan, kedua regu harus siap bermain dan posisinya berada dilapangan masing-masing.
  • Ketika melakukan servis, salah satu kaki tekong harus verada dalam garis lingkaran service.
  • Saat pemain belakang (back) melakukan servis, 2 pemain didepan harus berada pada seperempat lingkaran.
  • Lawan penerima servis bebas bergerak didalam lapangan sendiri.

9. Official (petugas pertandingan)

Suatu pertandingan harus dipimpin technical sebagai berikut :

  • 2 orang Technical Delegotate
  • 6 orang juri (dewan hakim)
  • 1 orang Official Referee
  • 2 orang wasit (wasit utama dan wasit dua)
  • 6 orang penjaga garis samping dan belakang

10. Pinalti (Hukuman)

  • Pemain akan mendapat sanksi atau hukuman bila melanggar peraturan permainan, apabila :
  • Menunjukkan sikap tidak sopan kepada pemain, penonton, juga pada wasit atas keputusan yang diambil.
  • Meninggalkan lapangan permainan tanpa permisi kepada wasit terlebih dahulu.
  • Memberi bola kepada lawan dengan menggunakan kaki atau melemparkannya dengan keras.

11. Apabila hal tersebut dilanggar oleh pemain maka wasit dapat menggunakan 2 kartu sebagai berikut :

Kartu kuning : Tanda peringatan bahwa seorang pemain melakukan pelanggaran terhadap ketentuan tata tertib permainan.

Kartu Merah : Apabila pemain telah menerima kartu kuning pada pertandingan yang sama (Kartu Kuning kedua).

Dapat juga karena sikap kasar seperti memukul, menendang, meludah dan lain-lain.

Menggunakan kata-kata kotor atau mencaci maki.

Teknik Dasar Sepak Takraw


Upaya dalam mengenal dan mampu menguasai keterampilan yang baik dalam permainan sepak takraw adalah dengan cara menguasai teknik dasar permainannya. Berikut kami akan sajikan teknik dasar sepak takraw menurut Ratinus Darwis :

1. Sepak Sila

Teknik ini merupakan teknik dengan gerakan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam yang bertujuan untuk menerima dan meminang bola, mengumpan dan menyelamatkan atau menahan serangan lawan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :

Materi, Teknik Dasar, Peraturan Dan Cara Bermain Permainan Sepak Takraw
Teknik Sepak Sila

  • Posisi berdiri dengan satu tumpuan kaki, dan kaki yang satunya diangkat setinggi lutut dan kemudian dibengkokkan.
  • Gerakkan kaki dari bawah ke atas saat menendang bola.
  • Fokus pandangan hanya tertuju kepada bola dan ke arah sasaran yang diinginkan.


2. Sepak Kuda (Sepak Kura)

Teknik dasar sepak kuda atau sepak kura adalah tendangan yang dilakukan dengan menggunakan bagian punggung kaki. Teknik ini digunakan untuk menyelamatkan bola dari serangan lawan dan mengambil bola dari posisi rendah dan dapat digunakan juga untuk melakukan serangan salto. Cara melatih teknik ini yaitu sebagai berikut :

Materi, Teknik Dasar, Peraturan Dan Cara Bermain Permainan Sepak Takraw
Teknik Sepak Kuda

  • Posisi berdiri menggunakan satu kaki sebagai tumpuan dan posisinya ditekuk.
  • Kaki satunya digunakan untuk menendang dan menjemput bola yang diposisikan berada didepan pinggul dan lurus.
  • Saat perkenaan bola, gunakan kaki bagian punggung kemudian gerakkan ke arah belakang atau ke arah lawan. Usahakan kaki lurus.

3. Sepak Cungkil

Gerakan dengan cara menendang bola dengan menggunakan jari kaki (mencungkil). Digunakan ketika bola dalam posisi yang jauh, rendah dan bola-bola yang liar pantulan dari bloking.

4. Menapak

Teknik yang dilakukan dengan cara menendang bola menggunakan telapak kaki. Digunakan untuk melakukan smash ke pihak lawan, menahan atau membloking smash dari pihak lawan dan menyelamatkan bola ke dekat net (jaring).

5. Sepak Simpuh atau Sepak Badek

Sepak simpuh adalah teknik menyepak atau menendang bola dengan kaki bagian luar atau samping luar. Digunakan untuk menyelamatkan dan mengontrol bola.

6. Menyundul (heading)

Dalam sepak takraw, menyundul bola adalah teknik yang digunakan ketika bola terletak sangat tinggi diantara leher sampai ke atas kepala dan bertujuan untuk menyelamatkan bola dari serangan atas lawan. Tekniknya bisa anda lakukan seperti ini :
Materi, Teknik Dasar, Peraturan Dan Cara Bermain Permainan Sepak Takraw
Teknik Dasar Menyundul Sepak Takraw

  • Dalam posisi berdiri ambil sikap siap dan condongkan badan ke belakang, letakkan kedua tangan di samping badan dan bengkokkan sikunya. 
  • Mata memandang ke arah bola dan tempat sasaran yang dituju. Sundullah dengan menggunakan kepala bagian depan, lalu gerakkan dan ayunkan badan dan leher ke arah depan.

7. Mendada

Teknik mendada adalah teknik menerima bola umpan atau bola dari lawan dengan cara dikenakan ke bagian dada. Digunakan untuk mengontrol bola untuk dapat dimainkan selanjutnya.

8. Memaha


Materi, Teknik Dasar, Peraturan Dan Cara Bermain Permainan Sepak Takraw
Teknik Menahan Bola Takraw dengan Paha

Teknik memaha adalah teknik memainkan bola dengan menggunakan paha dalam usaha mengontrol bola. Dengan tujuan untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.

9. Membahu

Teknik membahu adalah teknik memainkan bola dengan menggunakan bahu dalam usaha mempertahankan serangan dari pihak lawan yang mendadak, yang dimana pertahanan kita dalam keadaan terdesak karena posisi yang kurang baik.

Demikianlah artikel mengenai pengertian sepak takraw. Semoga dapat memberi banyak manfaat.

0 Response to "Materi, Teknik Dasar, Peraturan Dan Cara Bermain Permainan Sepak Takraw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel