Cara Restore Chat Whatsapp Dan Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus

Lirafli.com - mengembalikan chat whatsapp yang terhapus - whatsapp adalah salah satu aplikasi yang dapat mengembalikan chat whatsapp yang terhapus. Namun, sebelum membalikkannya anda harus sudah membackup pesan whatsapp dengan bentuk harian. Mengapa harus harian?

Karena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu anda menggunakan aplikasi whatsapp. Seperti halnya menghapus dokumen-dokumen penting di whatsapp, menghapus chat penting di whatsapp bahkan kalau file tersebut adalah file hasil kerjaan tentu bisa gawat. Oleh karenanya berikut ada beberapa cara mengantisipasi chat whatsapp yang terhapus dengan mudah.

Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus


Cara ini cukup simple dan mudah tanpa anda merasa panik. Ada banyak cara yaitu dengan menggunakan fitur recent backup, fitur Google Drive dan menggunakan beberapa aplikasi pilihan. Berikut lebih lengkapnya :

Baca juga  : 5 Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul Di HP Android

Cara Mengembalikan File Whatsapp Yang Terhapus Dengan Recent Backup


Cara ini memungkinkan anda untuk melakukan dan memulihkan chat whatsapp menggunakan recent backup. Apa itu recent backup? Recent backup adalah file hasil dari backup-an anda terakhir dan kemudian anda memulihkannya kembali di aplikasi whatsapp.

Namun, untuk itu sebelumnya anda harus mengaktifkan fitur cadangkan dengan frekuensi harian, jangan mingguan. Karena jika mingguan saya rasa terlalu lama.

Sedikit catatan bahwasanya data anda yang anda backup akan menimpa data backup-an sebelumnya. Oleh karenanya tidak ada cara mengembalikan data whatsapp yang telah tertimpa file whatsapp yang baru. Untuk membackup data anda dari whatsapp anda, caranya adalah sebagai berikut :


  • Masuk ke bagian aplikasi whatsapp kemudian pilih setelan
  • Dan pilih chat dan pilih cadangan chat. 
  • Kemudian akan ada pilihan cadangkan chat ke Google Drive dengan frekuensi harian, mingguan bulanan dan yang lainnya. 
  • Lalu pilih akun Google yang untuk menyimpan data hasil backup. 
  • Anda dapat mengatur apakah mencadangkannya hanya menggunakan wifi atau dengan data selular juga. Jika dengan menggunakan wifi, maka backup akan otomatis jalan jika terhubung ke wifi. Tapi itu hanya sewaktu-waktu saja. Jadi jika ingin membackup data whatsappnya harian tanpa harus menunggu koneksi wifi, maka ubahlah cadangannya menggunakan data selular. 
  • Centang sertakan video jika ingin membackup juga data file videonya (namun akan memperbesar ukuran file backupannya). 
  • Setelah itu baru anda klik cadangkan
  • Tunggu sampai 100%. Selesai.. 


Kemudian, bagaimana cara memulihkan akun whatsapp dengan recent backup. Caranya yaitu :


  1. Uninstall aplikasi Whatsapp
  2. Setelah itu pasang lagi aplikasi Whatsappnya (bila tidak ingin repot-repot copot pasang, maka hapus data dan hapus cache whatsapp di pengaturan aplikasi). Tau kan caranya? 
  3. Jika sudah buka aplikasi whatsapp dan lakukan log in ulang. Pada saat diminta untuk restore your history pilih restore
  4. Tunggu beberapa saat dan chat WA anda akan kembali lagi. 


Lalu, bagaimana jika ingin melihat hasil backupan file whatsapp tadi dan data backup yang dulu? Tenang saja. Berikut akan kami ajari cara melihat file hasil backup di google Drive.

Cara Melihat Cadangan Chat Whatsapp Di Google Drive



  • Buka situs Google drive atau bisa juga menggunakan aplikasi mobile Google Drive. 
  • Pilih e-mail yang anda pakai buat backup whatsapp tadi. 
Cara Restore Chat Whatsapp Dan Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus
Cadangan Google Drive

  • Lalu slide ke kiri akan ada beberapa menu, pilih yang menu cadangan. 
Cara Restore Chat Whatsapp Dan Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus
Hasil backup whatsapp

  • Kemudian anda akan melihat file hasil backupan lengkap dengan tanggal dan nomor kontak whatsapp anda. 


Cara Mengembalikan Akun Whatsapp Yang Terhapus


Cara seperti ini sebenarnya sama saja dengan diatas. Cukup dengan melakukan login ulang ke whatsapp menggunakan nomor lama dan otomatis akan melakukan scanning terhadap file hasil backupan. Jika sudah ditemukan langsung pilih restore.

Saya sarankan sebaiknya anda melakukan backup data ke Google Drive guna mengantisipasi hal-hal seperti ini. Karena dengan begitu semua data anda akan aman tersimpan.

Cara Melihat Chat Wa Pacar Yang Sudah Dihapus 


Cara Restore Chat Whatsapp Dan Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus
Aktifkan fitur recent notifications

  • Disini kita menggunakan aplikasi recent notifications, download di PlayStore atau dapat melalui link berikut
  • Jalankan aplikasinya lalu aktifkan dan izinkan aplikasi recent notifications. 
  • Jika sudah aktif, otomatis aplikasi ini akan merekam semua notifikasi yang masuk di HP anda. 

Cara Restore Chat Whatsapp Dan Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus
Hasil aplikasi recent notifications

Semua notifikasi, bukan hanya WhatsApp saja,  riwayat panggilan, notifikasi Facebook, dll. Berikut hasilnya, notifikasi pesan whatsapp masuk ke aplikasi recent notifications.

Notes  : Cara diatas adalah cara mengembalikan chat wa yg terhapus lama. Namun, aplikasi recent notifications hanya akan membaca pesan mulai dari aplikasi itu terpasang dan diaktifkan dari HP anda. Jadi pastikan telah terpasang dan telah diaktifkan. 

Baca juga : 5 Cara Membuka Whatsapp Yang Diblokir Teman

Selain itu anda juga dapat menggunakan aplikasi yang bernama Wondershare Dr.Fone. Aplikasi ini hanya dapat digunakan di PC/laptop. Jangan lupa untuk menghubungkan HP dengan PC anda menggunakan kabel data.

Sinkronkan dan lakukan prosesnya sesuai dengan aturan disana. Jika sudah berhasil anda dapat melihat chat² whatsapp yang sudah terhapus dan pilihlah chat yang ingin anda pulihkan.

Demikianlah artikel mengenai cara restore chat whatsapp dari google drive. Semoga dapat memberi banyak manfaat. Jangan lupa kunjungi terus lirafli.com banyak artikel menarik didalamnya.

0 Response to "Cara Restore Chat Whatsapp Dan Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel