Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

rangkuman materi bola voli - rangkuman materi bola voli yang kami sajikan didalam artikel ini sangat lengkap, mulai dari pengertian bola voli, teknik dasar bola voli dan cara melakukannya, lapangan bola voli beserta keterangannya, peraturan permainan bola voli sampai sejarah singkat mengenai bola voli. Rangkuman materi bola voli ini saya ringkas sedemikian rupa, sehingga pembaca akan memperoleh materi yang sangat lengkap dan jelas.

Diartikel kami sebelumnya sudah pernah dibagikan tentang rangkuman materi sepak bola dan materi sepak takraw yang kami bahas secara tuntas. Berikut adalah rangkuman materi bola volinya.

Pengertian Bola Voli


Permainan Bola Voli adalah permainan sebuah bola dengan cara dipukul menggunakan tangan yang dilakukan oleh 2 regu/tim didalam satu lapangan yang masing-masing tim terdiri dari 6 anggota. Kedua tim ini akan saling beradu kekuatan dan ketangkasan untuk memperoleh poin tertinggi dari setiap lawannya guna dapat mengunci kemenangan. Adapun poin untuk bisa memenangkan 1 game adalah sampai 25 poin.

Permainan bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang mendunia. Adapun cara memainkannya yaitu boleh menggunakan selain tangan, seperti kepala, kaki, dada dan lainnya. Setiap tim atau kelompok memiliki batas pukulan sampai 3 kali dan bukan dilakukan oleh 1 orang saja. Bila terbukti lebih dari 3 kali, maka ini menjadi poin bagi sang lawan. Skor atau poin yang sah yaitu apabila bola melewati net dan jatuh dikawasan lawan tepat di dalam garis lapangan, maka kita akan mendapatkan 1 poin.

Tim yang baru saja mendapat poin akan melakukan servis ulang, begitu seterusnya. Dalam permainan bola voli ini kecerdasan, kelincahan dan kerjasama guna mengantisipasi datangnya bola agar dapat dikembalikan dan dapat segera dimatikan. Permainan bola voli dibagi ke dalam 2 jenis, yaitu permainan bola voli di lapangan biasa dan permainan bola voli dipantai. Perbedaanya bola voli pantai hanya dilakukan oleh 4 orang pemain saja. Yaitu 2 orang pemain dari setiap regunya.

Sejarah Singkat Bola Voli

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

Permainan bola voli ini diciptakan oleh salah seorang tokoh asal Amerika Serikat yang bernama William G. Morgan (New York, 1870-1942). Tahun 1895, beliau bekerja sebagai Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA di Massachusetts. YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda.

Pada awal penemuannya tanggal 9 Februari 1895, permainan olahraga bola voli ini dinamakan Mintonette. Permainan Mintonette hampir sama dengan bulutangkis. Jumlah pemain tak terbatas seperti halnya tujuan awalnya, yaitu hanya untuk mengembangkan kesegaran dan kebugaran jasmani para buruh disamping bersenam umum.

Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan menciptakan permainan Mintonette ini 4 tahun setelah diciptakannya olahraga permainan bola basket oleh James Naismith. Olahraga Mintonette sebenarnya merupakan permainan yang diciptakan dengan menggabungkan beberapa jenis permainan.

William G. Morgan lalu mengembangkan permainan tersebut agar dapat mencapai cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada tahun 1896, nama permainan kemudian dirubah menjadi "Volley-Ball" yang memiliki arti kurang lebih menvolley bola bergonta-ganti. Berkat usaha William G. Morgan perkembangan permainan bola voli waktu itu di Amerika sangat cepat. Pada 1922, YMCA berhasil mengadakan kejurnas bola voli di Amerika Serikat. Dan pada saat PD I, tentara-tentara Sekutu menyebarluaskan permainan ini ke negara-negara Asia dan Eropa terutama negara Cina, Jepang, Filipina, Rusia, India, Prancis, Latvia, Jerman, Rumania, Estonia, Yugoslavia dan Cekoslowakia.

Saat dalam PD II permainan bola voli ini tersebar luas di seluruh dunia. Setelah PD II berakhir, prestasi dan popularitas permainan bola voli di negara asal diciptakannya mengalami penurunan. Sedangkan di negara lain seperti halnya Eropa Timur dan Asia terus berkembang dengan sangat cepat dan massal. Pada tahun 1948, didirikanlah IVBF (Internasional Volley Ball Federation) yang beranggotakan 15 negara. Mengingat turnamen bola voli pertama kalinya (1947) yang digelar di Polandia pesertanya sangat banyak.

Masyarakat Indonesia sendiri mengenal permainan bola voli ini pada saat jaman penjajahan Belanda. Guru-guru penjas didatangkan dari Belanda untuk mengembangkan olahraga pada umumnya dan bola voli pada khususnya. Disamping itu, tentara Belanda juga banyak ikut andil dalam pengembangan permainan bola voli di Indonesia. Seperti dengan bermain di asrama-asrama, dilapangan terbuka dan diadakan pertandingan antar kompeni-kompeni belanda sendiri.

Permainan bola voli di Indonesia berkembang begitu pesat, sehingga bermunculan klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Itulah yang menjadi dasar didirikannya PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) pada tanggal 22 Januari 1955. Didirikan di jakarta bersamaan dengan diadakannya kejurnas untuk pertama kalinya. PBVSI sejak saat itu aktif mengembangkan kegiatan yang diadakan didalam maupun diluar negeri. Permainan bola voli berkembang sangat menonjol saat menjelang Asian Games ke IV dan Ganefo I di jakarta baik untuk pria dan wanita Indonesia.

Baca juga : Materi, Teknik Dasar, Peraturan Dan Cara Bermain Permainan Sepak Takraw

Teknik Dasar Bola Voli Dan Cara Melakukannya

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

Berikut akan saya sajikan mengenai 5 teknik dasar permainan bola voli, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

- teknik servis
- teknik passing atas
- teknik passing bawah
- teknik smash
- teknik blok

Teknik Servis Bola Voli


Teknik dasar yang pertama kali harus dipelajari oleh para pemula yaitu servis. Servis adalah awal dimulainya sebuah permainan. Servis ditandai dengan adanya sebuah poin yang telah tercetak. Teknik servis dilakukan dengan cara memukul bola dengan posisi pemain dibelakang garis dan bola diharuskan melewati net.

Hal yang harus diperhatikan saat servis adalah sikap badan, pandangan, lambungan bola dan timing yang tepat saat memukul bola. Teknik servis bola voli dibagi ke dalam 4 teknik, yaitu:

- teknik servis atas
- teknik servis bawah
- teknik servis samping
- teknik servis loncat

Berikut adalah cara bermain bola voli dengan menggunakan teknik-teknik dasar :

Teknik Servis Atas

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

  • Berdiri dengan salah satu posisi kaki didepan dan lutut agak ditekuk. Kemudian pegang bola dengan kedua tangan. 
  • Lambungkan bola menggunakan tangan kiri dengan kira-kira tingginya setengah meter diatas kepala dan ayunkan tangan kanan ke belakang atas kepala.
  • Lentingkan badan ke belakang. Saat tangan berada diatas belakang kepala, bola segera dipukul dengan menggunakan telapak tangan dengan posisi lengan tetap lurus dan badan ikut bergerak. 

Teknik Servis Bawah


Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

  • Berdiri di daerah servis dan letakkan salah satu kaki di depan. Tangan kiri membawa bola dan dijulurkan ke depan. Lambungkan bola rendah keatas dan berat badan bertumpu pada kaki belakang. 
  • Ayunkan lengan kanan dari belakang ke depan untuk memukul bola. 
  • Pukul bola dengan tangan mengepal, pergelangan tangan kaku dan kuat. Lalu pindahkan kaki belakang ke depan sebagai gerakan lanjutan. 

Teknik Servis Samping

  • Berdiri di belakang garis lapangan dan pegang bola dengan lengan yang menjulur setinggi kepala dan kemudian lambungkan ke depan badan. 
  • Lengan pemukul diayun ke belakang
  • Tumpukan berat badan di belakang dengan lutut agak ditekuk. Kemudian angkat lengan dan ayunkan ke depan dengan membentuk gerakan melingkar. 
  • Bagian tubuh berputar sedemikian rupa hingga menghadap net dan berat badan dipindahkan kedepan.

Teknik Servis Lompat

  • Berdiri dengan kedua kaki rapat dan pegang bola dengan kedua tangan. 
  • Bola dilakukan ke atas depan. Saat bola melambung, lakukan gerakan tolakan beberapa langkah ke depan untuk mendapatkan lompatan yang maksimal
  • Saat mencapai lompatan maksimal dan bola berada pada jarak jangkauan lengan maka pukullah bola tersebut
  • Pada saat memukul bola berat badan dipindah kedepan

Teknik Dasar Passing Atas Bola Voli

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

Teknik dasar gerakan passing adalah teknik memukul bola yang dilakukan dengan tujuan untuk menerima, menahan dan mengendalikan bola servis dari pemain lawan.  Teknik dasar passing bola voli dibagi menjadi 2 macam, yaitu passing atas dan passing bawah. Berikut adalah penjelasan dari teknik dasar passing atas.

Teknik dasar passing atas bola voli dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan kedua tangan yang diayunkan ke atas kepala secara bersamaan guna dapat mengumpan kepada teman. Cara melakukan teknik passing atas dapat anda perhatikan dibawah ini.

  • Berdiri, kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut agak ditekuk, dan kedua tangan berada di atas depan dahi. Condongkan badan agak sedikit ke depan dan arahkan kandangnya menuju ke arah datangnya bola. 
  • Renggangkan kedua jari tangan anda dan pada saat perkenaan bola usahakan bola terkena ujung jari tangan sehingga bola dapat dengan mudah untuk diumpan. 
  • Pada saat perkenaan, ikuti gerakan bola, kemudian dorong hingga bola melambung.
  • Gerakan tangan disesuaikan dengan keras atau lemahnya bola.

Teknik Dasar Passing Bawah Bola Voli

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

Teknik dasar passing bawah adalah cara mengoper bola dengan dua tangan secara bersamaan didepan badan. Passing bawah dilakukan untuk menerima dan menahan smash dari lawan. Berikut langkah melakukannya :

  • Posisi badan berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut agak ditekuk. Condongkan badan ke depan dan pandangan ke arah bola. 
  • Rapatkan kedua tangan dan luruskan ke depan badan. Usahakan perkenaan bola pada bidang datar lengan bawah dekat pergelangan tangan dan saat perkenaan bola, gerakkan kedua lengan ke atas dengan posisi kedua tangan lurus. 
  • Sesuaikan gerakan tangan dengan keras lemahnya kecepatan bola yang datang. 

Teknik Smash

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

Teknik Smash dalam bola voli adalah teknik dengan gerakan memukul bola sekeras mungkin dengan menikuk tajam ke pertahanan lawan yang kosong. Smash adalah bentuk serangan yang sangat efektif untuk menciptakan poin. Terdapat beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam melakukan sebuah smash, yaitu : awalan, tolakan, saat bola di atas net, dan pendaratan. Adapun cara melakukan teknik dasar smash yaitu sebagai berikut :

  • Tumpukan berat badan pada kaki depan dan pandangan mengarah ke depan. Langkahkan kaki dengan 2 langkah sebelum melakukan tolakan dan untuk langkah yang terakhir usahakan lebih lebar. 
  • Menolak dengan kedua kaki ke atas dibantu dengan ayunan kedua lengan ke depan.
  • Pukul bola menggunakan telapak tangan pada bagian atas bola bersamaan dengan pergelangan tangan diaktifkan.
  • Mendarat dengan kedua ujung telapak kaki bersamaan,kedua lutut mengeper, kedua lutut direndahkan, berat badan dibawa ke depan. Kedua lengan di depan samping badan.

Teknik Blok

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

Teknik blok dalam permainan bola voli yaitu teknik dengan upaya untuk menghalangi atau membendung serangan lawan dengan merentangkan kedua tangan pada tempat yang diperkirakan menjadi sebuah arah jalannya bola.

Memblok bola dapat dilakukan dengan lebih dari 1 orang pemain, bisa juga 2-3 orang pemain. Tujuan dari teknik bloking ini adalah untuk menahan smash dari pihak lawan agar berhenti dan bola membalik kepadanya akibat terkena jebakan bloking.

Posisi Pemain Bola Voli

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

Berikut posisi ke-6 pemain bola voli sesuai dengan gambar :
1. Server
2. Spiker/smasher
3. Tosser/set-upper
4. Spiker/smasher
5. Defender/libero
6. Defender/libero

Tugas dari masing-masing posisi pemain

1. Server

Server yaitu dimana posisi pemain terletak di belakang garis yang bertugas untuk melakukan servis sebagai tanda dimulainya suatu permainan. Seorang server akan beralih tugas menjadi defender/libero setelah melakukan servis. Setiap pemain secara bergantian akan melakukan servis yaitu dengan cara melakukan rotasi pemain ke bagian kiri, artinya setelahnya pemain 1 melakukan servis, selanjutnya pemain 2 yang melakukan servis.

Pergantian pemain yang akan melakukan servis setelahnya bola berpindah ke tangan kita kembali.

2. Spiker/ Smasher

Posisi smasher berada didepan dan disamping tosser. Oleh karenanya, smasher ini juga bisa menjadi seorang tosser sesuai dengan keadaan dilapangan. Yaitu dengan tugas melakukan blok bola atau membendung bola terhadap serangan lawan.

Tetapi tugas utama smasher yaitu melakukan serangan untuk mendapatkan poin dengan cara dismash. Smash adalah pukulan keras yang dilakukan oleh pemain dengan tujuan pemain lawan tidak dapat menerima dan mengembalikan bola.

Jadi, bisa dikatakan posisi seorang spiker/smasher ini memiliki tugas ganda, yaitu sebagai pertahanan sekaligus penyerang.

3. Tosser/set-upper

Tosser atau set-upper memiliki tugas untuk mengatur serangan yang dilakukan oleh tim dan memberikan umpan dengan baik. Tosser yang berhak untuk menentukan sekaligus memberi komando kapan dapat mulai untuk melakukan serangan. Untuk mendapatkan umpan yang baik, dibutuhkan kecerdasan dan kelihaian dari pemain tosser. Jika umpan yang diberikan baik maka serangan yang akan dilakukan oleh teman akan baik dan juga ampuh.


4. Defender/libero

Diposisi ini, defender/libero bertugas untuk menahan dan menerima serangan dari musuh. Posisi libero ini juga memiliki kewajiban untuk memberikan umpan bola pertamanya kepada tosser dan harus benar-benar menguasai teknik dasar passing atas dan passing bawah. Pemain defender ini bebas keluar masuk tetapi tidak boleh membantu bloking ataupun melakukan smash. Jika pertahanan kita sedang diserang, maka defender harus berada dibelakang bloker guna dapat mengantisipasi bola yang gagal di blok.

Baca juga :  Rangkuman Materi Sepak Bola, Teknik Dasar, Peraturan, Ukuran Lapangan dan Sejarah Singkat Sepak Bola Dunia dan Indonesia

Peraturan Permainan Bola Voli


Lapangan

Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dan harus memiliki ukuran sebagai berikut :
Panjang lapangan : 18 m
Lebar lapangan : 9 m

Garis samping, panjangnya 18 meter, yang berfungsi sebagai pembatas garis samping lapangan.

Garis belakang, panjangnya 9 meter, yang berfungsi sebagai pembatas garis belakang lapangan.

Semua garis pada lapangan memiliki lebar 5 cm

Jaring atau Net

Jaring (net) adalah alat yang digunakan untuk membatasi tim yang satu dengan tim yang lainnya. Net dalam bola voli memiliki ukuran sebagai berikut :

Panjang : 9,5 m
Lebar : 1 m
Petak/mata jaring :  10 cm

Tinggi jaring net putra:  2,43 m
Tinggi jaring net putri: 2,24 m

Dibagian atas net harus ada pita putih yang lebarnya 5 cm.

Pada kedua tepi net harus dipasang antena yang letaknya lurus diatas garis lapangan. Panjang antena 1,8 meter. Antena harus dibuat dari bahan yang elastis dengan diameter 1 cm.

Bola

Bola voli yang digunakan harus berbentuk bulat, terbuat dari kulit dan dalamnya terbuat dari karet atau bahan sejenisnya.

Ukuran keliling bola : 65-67 cm
Berat bola : 250-280 gram
Tekanan udara : 0,48 kg/cm² - 0,52 kg/cm²
Jumlah jalur : 12-18 jalur

Jumlah Pemain

Jumlah pemain bola voli masing-masing regu berjumlah 6 orang pemain inti dan maksimal 6 orang pemain cadangan.

Kelengkapan Pemain

Dalam sebuah pertandingan resmi, pemain harus memakai kostum yang seragam, kecuali untuk pemain libero. Pemain menggunakan seragam olahraga dengan warna yang sama, nomor punggung dan nomor di dada, serta memakai celana pendek dan sepatu olahraga.

Lama Pertandingan

Lama permainan bila voli ditentukan oleh cepat tidaknya masing-masing regu dalam meraih angka dan set kemenangan.

Penentuan Pemenang

Dalam bola voli, penentuan kemenangan suatu tim yaitu apabila tim tersebut lebih dahulu memperoleh set kemenangan. Ada 2 jenis sistem set, yaitu two winning set dan three winning set. Two winning set adalah hanya menggunakan sistem 2 kali kemenangan sedangkan three winning set yaitu menggunakan sistem 3 kali kemenangan. Dalam setiap set, setiap tim/regu dinyatakan menang apabila terlebih dahulu memperoleh angka 25.

Perolehan Angka

Tim yang berhak mendapatkan tambahan 1 (satu) angka adalah regu yang berhasil mematikan lawan atau apabila regu lawan melakukan kesalahan dan tidak mampu menyeberangkan bola kembali ke daerah permainan tim satunya dengan sempurna.

Wasit

Dipimpin oleh 2 wasit (wasit 1 dan wasit 2) dengan dibantu oleh 4 asisten wasit yang tugasnya untuk menjaga garis dan 1 orang mengatur skor.

Rotasi Pemain

Pergantian atau rotasi dalam melakukan servis berputar dengan searah jarum jam.

Jumlah Pukulan

Setiap regu diberi kesempatan untuk memainkan bola sebanyak 3x sentuhan dan masing-masing pemain dilarang untuk menyentuh bola lebih dari 1x secara berturut-turut.

Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Keterangannya


Berikut adalah ukuran lapangan bola voli putra dan putri
Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri
Gambar lapangan bola voli

Ukuran Lapangan Bola Voli :

Panjang : 18 m
Lebar : 9 m
Panjang Garis Serang : 3 m
Lebar garis : 5 m

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

Net Bola Voli :

Tinggi net putra : 2,43 m
Tinggi net putri : 2,24 m
Jarak tiang dengan garis tepi :0,5 m – 1m
Mata jala net : 5 cm

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri

Panjang: 12 meter
Lebarnya: 6 meter
Tinggi net putra : 2,1 meter
Tinggi net putri : 2 meter

Waktu Permainan Bola Voli


Apabila anda telah cukup memahami semua teknik-teknik dasar, peraturan dan cara bermain bola voli. Tentunya anda juga harus paham berapa sih kira-kira waktu permainan bola voli? Sebenarnya waktu permainan dalam bola voli ini tergantung dari pemain itu sendiri. Yaitu seberapa cepat pemain menciptkan poin dan memperoleh banyak poin. Semakin cepat memperolehnya maka semakin cepat pula waktu yang ditempuhnya.

Demikianlah artikel mengenai rangkuman materi bola voli. Semoga dapat memberi banyak manfaat. 

0 Response to "Rangkuman Materi Bola Voli, Sejarah Singkat, Peraturan, Teknik Dasar Serta Ukuran Lapangan Bola Voli Putra dan Putri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel