9+ Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Supaya Bisa Hidup Kembali dengan Normal

Ketika kamu sedang berlibur ke pantai tak lepas lagi kamu pasti akan memegang ponsel anda. Ketika anda sedang asyik berfoto, ada kejadian dimana hp kamu terjatuh ke pantai yang mengakibatkan semua bagian smartphone kita akan terkena air. Hal tersebut akan menimbulkan gejala hp rusak, mati total, dan tak bisa hidup lagi.

Namun ada juga hp yang kemasukkan air masih bisa diselamatkan dengan cara yang simpel. Tak peduli sehebat apa smartphone kamu kalau sudah masuk dan kecemplung ke air bisa mati total.

Bukan hanya di pantai saja hp kamu dapat dimasuki air, pas dikamar mandi, dikamar tidur pun masih bisa apalagi rumahnya yang belum terdapat ternit disaat musim hujan telah tiba. Hal itu sangat bahaya jika tidak kamu tangani dengan segera soalnya banyak kasus dimana smartphone itu kemasukkan air namun tidak pernah di perhatikan secara khusus.

Padahal hp tersebut seharusnya ditindaklanjuti supaya ia masih hidup kembali untuk menormalkan agar bisa backup data penting yang terdapat di penyimpanan telepon. Jika sudah terlanjur tak tiperhatikan sejak kejadian itu, alhasil perangkat seluler kamu akan mati total dan rusak.

Kenapa Smartphone Kemasukkan Air Mudah Rusak?

Alasan ini akan saya jabarkan dibawah ini, kenapa mudah rusak. Biasanya akan terjadi beberapa penyebab, misalnya:


  • Air sudah masuk mengenai mesin.
  • Air masuk melalui lubang charger yang mengakibatkan baterai tidak bisa mengisi daya.
  • Mesin sudah korosi dan mulai berkarat.
  • Mesin tidak mau hidup karena sudah kemasukkan air berlebih jika tidak dikeringkan dengan segera.
  • Pin yang terdapat pada mesin hp sudah konslet.
  • Beberapa komponen tidak tahan air.
  • Kuningan yang terdapat di slot charger dan baterainya sudah mulai berkarat.
  • Air udah masuk ke inti hp yang menyebabkan tersumbatnya aliran listrik ke mesin.


DIatas mungkin gejala umum yang sering kita tahu kalau hp kemasukkan air itu sangat bahaya dampaknya. Apabila kamu tidak segera mengambilnya maka smartphone kesayangan tidak akan punya nyawa keduanya.

Solusi nya kalau sudah begitu ya tinggal beli baru saja. Kalau kalian mengalami hal serupa namun segera mengangkat dan melakukan tips dibawah ini mungkin bisa meringankan kerusakan yang dialami hp kamu dan dikemudian hari dapat segera dicek ke konter tersekat.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki HP Smartphone Kemasukan Air Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Supaya Bisa Hidup Kembali dengan Normal

Berikut adalah ulasan mengenai cara memperbaiki HP samsung mati total kena air:

1. Segera Ambil HP, Lalu Matikan


Saat mengalami kejadian ini anda diwajibkan untuk segera melakukan penonaktifan hp nya dan melepas baterai apabila baterai kamu bukan baterai tanam. Segeralah anda melepas semua yang terpasang di hp kamu baik kartu sim dan kartu sd agar tidak menular ke komponen tersebut.

Dengan memutuskan aliran ke mesin android kamu, anda bisa mencegah rusak yang menyebar kemana - mana. Kalau hp kamu pakai baterai tanam bisa keringkan dulu menggunakan cara lain.

2. Menggunakan Kain Kering untuk Penyerapan


Cara mengatasi yang kedua ini cukup terbilang simpel dan mudah untuk dilakukan orang awam. Namun tidak demikian, tidak seperti mengelap kaca jendela rumah anda, cukup balut saja semua body smartphone kamu, dengan begitu air didalam ponsel akan terserah pada kain tersebut.

3. Gunakan Vaccum Cleaner untuk Menyedot Air


Apabila cara kedua belum manjur, mungkin menggunakan vaccum cleaner dapat membantu permasalahan anda. Dengan memakai penyedot ini air yang terkandung di dalam hp akan tersedot habis oleh vaccum cleaner. Pastikan bahwa benda kecil yang terpasang seperti kartu sim dan sd card sudah dicopot agar tidak ikut tersedot vaccum cleaner.

4. Cara Mengatasi HP Masuk Air Dengan Beras atau Silicagel


Kedua benda tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu menyerap kelembapan suatu benda agar tidak terkena korosi. Alternatif lain anda bisa menggunakan ziplock kemudian diisi beras atau silica gel agar kelembapan yang ditimbulkan pada air di smartphone kamu terserap habis hingga menjadi kering kembali.

Cara penggunaan ziplock sangat mudah masukkan silica gel atau beras ke dalam ziplock dan masukkan ponsel kamu kedalamnya. Jangan takut bahwa smartphone kamu akan kotor, urusan kotor bisa dipikir belakangan, terpenting sekarang selamatkan kondisi ponsel kamu. Kemudian biarkan saja hp kamu disitu selama 2 sampai 3 hari kedepan.

Jangan tergoda akan menyalakan smartphone kamu kalau belum benar - benar kering. Kalau sudah kering baru bisa dinyalakan kembali. Jangan lupa untuk membersihkan hp kamu dari kotoran berasnya kalau anda memakai beras saat proses pengurangan kelembapannya.

5. Cek Apakah Sudah Normal Setelah 2 Hari?


Setelah dimasukkan di ziplock, pastikan semua baik baik saja dan lihatlah pada layar ponsel kamu apakah masih ada uap air yang tertinggal atau sudah hilang. Kalau masih ada uap air mungkin anda bisa memasukkannya lagi ke ziplock untuk pengeringan lagi, tunggu hingga beberapa hari lagi.

Coba sekarang hidupkan hp kamu, kalau tidak menyala mungkin baterai sudah habis. Sekarang charger dulu supaya baterai di smartphone kamu terisi daya hingga penuh. Apabila sudah penuh coba dinyalakan apakah bisa hidup atau tidak? kalau tidak kemungkinan besar masalah ini terdapat dibaterai kamu, coba gunakan baterai lain atau beli baterai baru dulu.

6. Jika Bisa Hidup, Perhatikan Ponsel Selama Beberapa Hari Ini


Cara keenam ini hanya sebuah identifikasi saja, kalau smartphone bisa hidup ya syukuri saja. Sekarang cek dulu untuk digunakan multitasking seperti membuka browser, media sosial dan game. Kalau ada keanehan yang ditimbulkan hp kamu itu berarti hp minta dibongkar untuk menemukan keanehan yang mungkin muncul tersebut.

7. Jangan Pernah Meniup Lubang Manapun


Apabila kamu sudah sengaja meniup setiap lubang yang terdapat di smartphone kamu, ya sudahlah hp tinggal kenangan saja. Kenapa hal ini bisa terjadi? karena air bisa saja masuk melalui lubang tersebut, eh malah kamu tiup, airnya bakal masuk lagi ke dalam hingga menembus mesin utama pada ponsel kamu.
Solusinya ya cukup disedot aja pakai vaccum cleaner seperti cara diatas tadi agar mengurangi penyebaran air kemana - mana. Sifat air itu menyebar, bila sudah kena tiup ia akan mengikuti tiupan dan membawanya masuk lebih dalam lagi.

8. Jangan Goyangkan HP


Ketika kemasukkan air, pasti kamu akan menggoyang - goyangkan hp kan? itu sebenarnya tidak baik, sama hal nya anda meniup loh. Kalau mau yang benar itu goyangkan sekali ke bawah dan posisikan lubang charger dll dibawah juga agar air keluar dari lubang tersebut.

Namun kalau anda sudah menggoyangkannya dua kali bahkan lebih, jangan harap ponsel kamu akan kering. Ponsel kamu akan ada air yang mengendap didalamnya, solusi terbaik nya hanya menyedotnya.

9. Pergi ke Tukang Servis


Jika semua trik diatas memang tidak bisa membantu anda dalam mengatasi masalah hp kemasukkan air. Mungkin kalau dibawa ke ahlinya bisa mengatasi masalah tersebut dengan membawanya ke tukang servis biar dicek segala kerusakan yang ditimbulkan saat kemasukkan air.

Kalau tukang servisnya bilang kerusakannya tidak parah, dipastikan harga perbaikannya tidak mahal kalau sudah bilang parah maka biaya perbaikan akan selangit.

Apabila smartphone kamu masih dalam garansi resmi, mungkin bisa dibawa ke servis center untuk mendapatkan servis gratis dari garansi resmi. Jangan lupa untuk membawa nota pembelian hp tersebut, servis center bisa anda temukan di kota terdekat kalian.

10. Beli HP Baru


Tidak dianjurkan kalau anda belum cukup memiliki uang untuk membeli hp baru. Hanya sultan saja yang beli hp baru ketika hpnya rusak. Namun apalah daya kita kalau hpnya benar - benar sudah rusak, harus ganti baru menunggu ada rejeki lebih.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi speaker hp kemasukan air, semoga mimin dapat memberikan manfaat kepada semua orang khususnya bagi pembaca artikel ini. Terima kasih sudah membaca artikel dari mogloger tentang cara mengatasi hp kemasukkan air dengan mudah terbukti work 100%.

0 Response to "9+ Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Supaya Bisa Hidup Kembali dengan Normal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel