Tes Medical Check Up (MCU) Untuk Kerja Calon Karyawan PT Astra Honda Motor (AHM)

Setelah Anda dinyatakan lolos dari tes psikotes dan wawancara PT AHM, maka anda berhak lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tes medical check up Pt Astra Honda Motor atau Pt AHM. Medical check up untuk calon pekerja karyawan merupakan tahapan yang tidak boleh terlewatkan, karena menyangkut dengan fisik dari keseluruhan tubuh calon karyawan.

Medical check up atau yang biasa kita sebut dengan kata MCU adalah serangkaian proses tes fisik dan kesehatan yang dinilai dari visual maupun non visual, dari dalam maupun dari luar fisik calon pekerjanya.

Contoh untuk yang visual atau fisik dari luar tubuh calon pekerja, yaitu kondisi pekerja saat ini apakah tubuhnya ada cacat yang sangat parah atau tidak, dapat dilihat dari segi luar tubuh. Untuk dari segi dalam tubuh maka perlu untuk dilakukannya tes mcu ini..

Medical Check Up Kerja Calon Karyawan PT AHM


Mungkin ada yang bertanya-tanya ketika hendak mcu, untuk proses medical check up meliputi pemeriksaan apa saja?
Tes Medical Check Up (MCU) Untuk Kerja Calon Karyawan PT Astra Honda Motor (AHM)

Adapun pemeriksaan medical check up lengkap menurut pengalaman saya adalah :

1. Tes Sampel Darah
2. Tes Tinggi Badan, Berat Badan dan Tensi Darah
3. Tes Urine
4. Tes Rontgen
5. Tes Fisik

Beberapa tahapan yang pernah saya alami ketika ikut tes MCU Pt Astra Honda Motor.

1. Isi Biodata dan Riwayat Penyakit


Sebelum memasuki ruangan tes, hal pertama yang ketika Anda lakukan adalah mengisi biodata form kertas yang mana Anda disuruh menulis riwayat-riwayat penyakit yang pernah diderita sampai saat ini.

Misalnya seperti riwayat pernah patah tulang, trus dari kapan pernah patah tulang, disebelah tangan mana dan berapa lama berobatnya. Dijelasin semua di form yang telah diberi oleh petugas.

Ada juga form yang diharuskan mengisi apakah anda pernah merokok? Jika pernah, berapa batang dalam sehari? Dan disitu juga disuruh untuk menulis pekerjaanmu yang pernah dilakukan akhir - akhir ini/sebelum mengikuti tes medical check up ini..

2. Cek Data Calon Pekerja


Sebelum lanjut ke fase tes kesehatan, anda akan melakukan cek data terkait kebenaran apakah anda lolos dari tahap intervew atau tidak.

Kejadian yang saya alami adalah ketika cek data, ternyata tidak ada nama saya. Tidak hanya itu, mereka semua yang terdaftar dalam satu BKK saya juga tidak ada semua. Oleh karenanya, pihak penyelenggara langsung membenarkan bahwa memang benar ada beberapa nama yang belum tercantum.

Alhasil disuruh nulis namanya sendiri di kertas absen. Dan setelah cek data anda akan dikasih sekitar 5 barcode yang mana disetiap selesai melakukan tes barcode akan diambil sebagai tanda telah melakukan tes tersebut.

3. Tes Sampel Darah


Tes yang saya lakukan pertama adalah tes pengambilan sampel darah. Darah kita diambil sekitar 3x tempat wadah suntikan kecil kemudian jika sudah dikasih barcode sebagai tanda.

Disaat pengambilan sampel darah, terasa sangat lemas semua badan saya. Akan tetapi, alhamdulillah saya tidak sampai pingsan. Didalam pengumuman tes MCU ini akan kelihatan juga golongan darah anda.

4. Tes Tes Tinggi Badan, Berat Badan dan Tensi Darah


Selanjutnya adalah tes tes tinggi badan, berat badan dan tensi darah. TB dan BB kita diukur dan dimasukkan kedalam data. Kemudian setelah itu kita disuruh duduk untuk melakukan pengecekan tensi darah.

5. Tes Urine


Anda disuruh untuk memasukkan urine anda kedalam wadah botol kecil yang sekiranya jangan terlalu penuh. 3/4 saja sudah cukup. Tipsnya yaitu minumlah air putih sebanyak-banyaknya agar urine yang dihasilkan tidak begitu kuning warnanya.

6. Tes Rontgen


Tes yang ini dilakukan didalam sebuah bus kecil yang mana kita disuruh mengosongkan kantong yang ada diatas baju dan kemudian saya disuruh menghadap ke sebuah magnet atau aluminium dengan menekan dadanya ke depan sambil memegang tiang dan dalam posisi menahan nafas.

7. Tes Fisik 


Tes yang terakhir ini tes yang sangat menegangkan, tesnya sambil buka baju dan celana alias kelontangan. Tes fisiknya diantaranya cek apakah ada bekas tindik dan bekas tato. Kemudian ada juga tes mata, tes buta warna, tes detak jantung dan lainnya.

Adapun penyebab gagal tes medical check up yaitu :

1. Merokok sebelum tes.
2. Tidak minum air putih / kekurangan minum air putih.
3. Terlalu sering tidur yang mengakibatkan tubuhnya kurang fit atau kurang semangat.
4. Tidak lari-lari kecil / latihan fisik setiap paginya.
5. Dan masih banyak lainnya.

Adapun saran dari saya yang semoga dapat membantu Anda semua, yaitu :

  • Minum air putih setiap hari rutin sampai urine berwarna agak putih. 
  • Usahakan kondisi anda fit
  • 1 minggu sebelum tes MCU usahakan bangun pagi-pagi dan lari pagi kurang lebih 30 menit. Lakukan sampai menjelang tes MCU.

Demikianlah artikel mengenai medical check up MCU untuk kerja calon karyawan PT AHM yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat memberi banyak manfaat. Jangan lupa kunjungi terus lirafli.com banyak artikel menarik didalamnya.

0 Response to "Tes Medical Check Up (MCU) Untuk Kerja Calon Karyawan PT Astra Honda Motor (AHM)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel