Ini Langkah Mudah Cara Screenshot Samsung A6

Samsung A6 merupakan android dengan layar yang memenuhi seluruh bagian depan gadget tersebut. Tampilan semacam ini tentu sangat memanjakan mata pengguna android tersebut. Namun karena itu, Anda tidak akan menemukan tombol home pada bagian depan. Pertanyaannya, bagaimana kemudian cara screenshot Samsung A6?

Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Cara screenshot Samsung tab A6 ini cukup mudah dilakukan. Anda cukup menekan dua tombol sekaligus. Tombol pertama adalah tombol power. Tombol kedua adalah tombol volume bagian bawah atau tombol yang biasa digunakan untuk menurunkan volume.

Cara screenshot Samsung a6

Caranya:

  • Tentukan terlebih dahulu bagian yang ingin Anda screenshot.
  • Kemudian, Anda bisa menekan dua tombol yang sudah disebutkan di atas bersama-sama.
  • Akan ada pemberitahuan bahwa screenshot yang Anda lakukan berhasil. Jika pemberitahuan ini belum ada, bisa jadi, screenshot belum berhasil.

Jika tidak demikian, biasanya, tanda screenshot telah berhasil adalah suara shutter. Shutter berbunyi artinya screenshot telah berhasil. Ini tentu sudah mafhum bagi Anda yang biasa melakukan screenshot.

Untuk memastikannya, Anda bisa mengunjungi galeri. Umumnya hasil tangkapan layar tersebut disimpan pada galeri. Foldernya pun biasanya adalah folder khusus untuk semua gambar yang diambil dengan sreenshot atau tangkap layar.

Jika pada galeri, Anda tidak menemukan, maka ada kemungkinan Anda belum berhasil mengambil screenshot. Lakukan sekali lagi cara di atas. Pastikan juga Anda menahan dua tombol tersebut selama beberapa detik hingga benar-benar ada tanda tangkapan layar sudah berhasil.

Sebagai catatan, cara mengambil tangkapan layar semacam ini adalah cara umum yang bisa dilakukan pada gadget android merek Samsung. Tentu saja, untuk merek lain, cara ini belum tentu bisa digunakan. Sebab, cara ini menjadi semacam ciri khas android merek Samsung.

Screenshot Menggunakan Gesture

Untuk melakukan ini, Anda harus masuk pada setting terlebih dahulu. Sebab, cara screenshot Samsung A6 ini membutuhkan pengaturan untuk mengaktifkannya. Jika belum, Anda perlu mengaktifkan dengan mengikuti langkah berikut :

  • Pilih menu setting
  • Cari motion
  • Cari hand motion
  • Aktifkan Palm Swipe to capture

Dengan langkah-langkah di atas, biasanya Anda sudah bisa mengambil screenshot dengan gesture atau gerakan tangan. Caranya, bisa Anda ikuti dengan langkah berikut ini :

  • Pertama, tentu Anda harus menentukan bagian yang ingin Anda screenshot.
  • Jika sudah Anda tentukan, bentuk tangan melebar, seperti hendak memotong benda dengan tangan Anda. Bentuk ini sering juga Anda lakukan ketika memeragakan cara memotong dengan mengupamakan tangan Anda sebagai pisaunya.
  • Letakkan tangan pada layar dengan posisi membelah layar.
  • Gerakan tangan ke arah samping atau ke atas.
  • Jika layar tampak berkedip, artinya screenshot sudah berhasil Anda ambil.

Screenshot Menggunakan Aplikasi

Pada tangkapan layar biasa, hasil screenshot hanya sebatas apa yang tampak pada layar. Jika Anda ingin mendapat tangkapan layar yang memanjang hingga bagian bawah layar dengan scrool, maka, aplikasi ini akan membantu Anda.

Tambahan pula, aplikasi bisa digunakan sebagaimana tangkapan layar biasa. Sehingga, jika Anda benar-benar tidak bisa melakukan screenshot seperti biasa, aplikasi ini bisa Anda gunakan. Bagaimana caranya?

Terlebih dahulu, unduh aplikasi screenshot di Playstore. Ada cukup banyak aplikasi untuk menghasilkan tangkapan layar. Anda bisa memilih aplikasi yang menurut Anda paling baik.

Setelah aplikasi terpasang, Anda bisa langsung menggunakannya untuk menangkap layar sesuai yang Anda inginkan.

Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda sudah paham bagaimana cara screenshot Samsung A6? Silakan pilih cara mana yang paling nyaman bagi Anda.

Demikianlah artikel tentang Cara Screenshot Samsung A6. Semoga dapat memberi banyak manfaat. Jangan lupa kunjungi terus lirafli.com banyak artikel menarik didalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *