Lupa Pola Hp? Ini Cara Mengatasinya

Ada beragam alasan mengapa seseorang memberi pola pada gadget yang dimiliki. Beberapa orang memberi pola untuk menjaga privasi. Tetapi, lebih banyak orang yang memberi pola dengan alasan keamanan. Namun demikian, menjadi masalah jika seseorang lupa pola HP yang sudah dibuatnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Buka Pola Hp Yang Lupa

Lupa Pola Hp? Ini Cara Mengatasinya

Masing-masing HP mungkin memiliki cara sendiri untuk mengatasi pola yang sama sekali tidak bisa Anda ingat. Karena itu, lupa pola HP OPPO yang Anda miliki, akan berbeda tindakan dengan smartphone jenis lain. Hanya saja, secara keseluruhan, cara-cara berikut bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

Memanfaatkan Fitur Lupa Sandi

Fitur ini pasti dimiliki oleh semua smartphone. Langkah paling mudah ketika Anda lupa sandi smartphone Anda memang dengan menggunakan fitur ini. Hanya saja, untuk menggunakan fitur ini, smartphone Anda harus memiliki jaringan internet. Tambahan, smartphone tersebut harus terhubung dengan akun Google.

Mengapa? Sebab, kunci utama cara ini berada pada akun Google yang terhubung dengan smartphone Anda tersebut. Tanpa itu, tentu saja cara lain yang harus Anda tempuh untuk masalah ini.

Langkah untuk membuka pola dengan bantuan akun Google adalah sebagai berikut :

  • Ketuk Lupa Sandi pada smartphone Anda. Pada beberapa jenis smartphone, lupa Sandi baru akan muncul setelah salah memasukkan kode beberapa kali.
  • Pastikan smartphone Anda memiliki sambungan internet. Sambungan internet tidak harus dengan penggunaan data, lewat wifi juga bisa.
  • restar
  • Pastikan pula, smartphone Anda sudah terhubung dengan akun Google.
  • Setelah fitur lupa sandi Anda ketuk, maka Anda akan diminta untuk sign in ke akun Google Anda. Tentu saja, Anda tidak bisa masuk lewat smartphone yang bermasalah dengan lupa pola HP tersebut. Solusinya, Anda bisa masuk lewat perangkat lain atau smartphone lain. Catatannya di sini, Anda harus benar-benar ingat sandi akun Google Anda.
  • Google akan mengirimkan email berisi pola yang Anda gunakan terakhir.
  • Dengan memasukkan pola tersebut, smartphone pasti bisa terbuka.

Memanfaatkan Reset Factory

Langkah menggunakan cara ini bisa dibilang sebagai langkah terakhir jika cara di atas benar-benar tidak bisa membantu Anda. Namun yang menjadi konsekuensi adalah, smartphone Anda akan kembali seperti hape baru. Persis sebagaimana pengaturan awal dari pabrik sebelumnya. Parahnya, akan sangat mungkin data-data yang tersimpan di dalam smartphone tersebut hilang karena proses ini.

Bagaimana langkah-langkahnya?

  • Matikan smartphone Anda.
  • Dalam keadaan mati, tekan power bersamaan dengan volume down. Tahan.
  • Anda akan dibawa masuk ke recovery mode. Sebagai catatan, bisa jadi cara ini berbeda antar jenis smartphone. Karena itu, Anda bisa mencari langkah masuk recovery mode khusus jenis smartphone Anda jika cara ini tidak berhasil.
  • Pilih factory reset. Caranya tentu bukan dengan mengetuk layar smartphone, tetapi dengan menggunakan volume down dan volume up untuk menggeser pilihan. Cara memilih juga bukan dengan mengetuk, tetapi dengan menekan power sebagai ganti yes.
  • Perintah diproses. Anda tinggal menunggu hingga proses selesai.
  • Pilih reboot system now. Maka smartphone Anda akan melakukan restart.

Setelah smartphone Anda menyala, yang terjadi adalah smartphone akan kembali seperti saat pertama kali Anda membelinya. Karena itu, sebaiknya langkah ini harus dihindari selama masih ada cara lain untuk membuka pola. Sebab, tidak jarang, data-data yang tersimpan di dalam smartphone adalah data penting bagi Anda.

Demikian cara untuk mengatasi masalah lupa pola HP. Semoga ulasan ini bisa membantu. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *